Pembobol Konter Handphone Ditangkap, Satu Pelaku Ditembak

PADANG, KP – Dua orang pria YF alias Yaya (20 tahun) warga Parak Kerambil Pisang, Kecamatan Pauh dan YS alias Yel (31 tahun) warga Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji, Kota Padang ditangkap polisi karena menggasak sebuah konter handphone di Kota Padang. Salah seorang tersangka harus dilumpuhkan dengan dengan tembakan karena mencoba melawan petugas saat ditangkap.

“Tersangka Yel tidak kooperatif, bahkan melawan petugas sehingga terpaksa dilakukan tindakan terukur dengan menembak kaki kiri pelaku,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, Sabtu (10/9).

Ia menjelaskan kedua pelaku ditangkap di dua lokasi berbeda pada Sabtu dinihari (10/10) sekitar pukul 00.30 WIB.

Menurutnya, kedua tersangka melakukan aksi pencurian di sebuah konter HP yang terletak di sebelah SDN 04 Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, pada 6 Oktober lalu. Pemilik konter baru mengetahui kejadian itu pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB ketika melihat dinding kiosnya jebol dan barang-barang di konternya raib. Di antaranya beberapa kartu perdana seluler, flashdisk, charger handphone, parfum, HP merek Xiaomi dan merek Coolpad. Korban menyebut kerugiannya mencapai Rp7 juta akibat pembobolan tersebut.

Pemilik konter lalu melaporkan kejadian itu ke polisi. Setelah diselidiki, polisi mendapat informasi bahwa pencurian itu dilakukan oleh Yel yang merupakan residivis bersama rekannya Yaya. Pelaku Yel berhasil diamankan polisi di kediamannya di Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Pelaku Yel terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena melakukan perlawanan dan berusaha kabur saat ditangkap. Selain itu, ia juga merupakan residivis tindak pidana pencurian yang sering keluar masuk penjara.

Saat diinterogasi, dia mengaku melakukan pencurian bersama Yaya dan menyimpan barang hasil curiannya di rumah kosong milik orangtuanya di kawasan Piai, Pauh.

“Kalau pelaku Yaya kita amankan tidak jauh dari lokasi mereka menyimpan barang curiannya, yaitu di Piai, Pauh,” kata Rico.

Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan 226 kartu perdana Three, 105 kartu perdana Axis, 37 kartu perdana Telkomsel, 40 kartu perdana Smartfreen, 10 buah kartu perdana IM3, 32 buah kartu perdana XL, dan 132 buah vocher kartu Three. Selain itu, polisi juga mengamankan 3 unit flasdisk, 5 unit charger handphone, 4 buah sarung handphone, 2 unit handphone, dan 1 unit sepeda motor sebagai barang bukti.

Meski sempat melawan polisi, tersangka Yel dan Yaya akhirnya dapat diringkus. Bahkan Polisi juga menyita barang bukti berupa ratusan kartu perdana dan dua buah handphone hasil curian yang sempat disimpan di rumah orangtua salah seorang tersangka.

“Kedua tersangka mengakui telah melakukan tindak pidana pencurian tersebut,” ujar Rico.

Saat ini keduanya ditahan di Polresta Padang. Mereka dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam hukuman maksimal lima tahun penjara. (lgm/pkt)

Next Post

Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 100 Kg Lebih Ganja

Ming Okt 11 , 2020
LUBUKSIKAPING,KP-Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasamanmenggagalkan peredaran sekitar 100 paket […]