Pemkab Solok Terima CSR Pendidikan dari Bank Nagari Rp 100 Juta

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, menerima secara simbolis bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Nagari Cabang Solok, di Rumah Dinas Bupati Solok (Guest House), Senin (12/10).Tampak hadir pada acara penyerahan bantuan CSR tersebut Asisten II Medison, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Zulkisar, Kepala Bank Nagari Cabang Solok Yunasrul, Kabag Humas Syofiar Syam, Kabag KSD Devi Pribadi, Kepala Sekolah atau Guru Pendamping.

Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Yunasrul menyampaikan, pada saat ini Bank Nagari memberikan bantuan berupa CSR sebesar Rp 100 juta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dan itu diberikan setiap tahunnya. “Mudah-mudahan ke depan setiap tahunnya kita tetap memberikan bantuan. Semua ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Solok ke Bank Nagarinya dan kita masih bisa berkontribusi,” ujarnya.


Disebutkannya, selama kondisi Covid-19 Bank Nagari selalu berkontribusi ke masyarakat dan nasabah serta selalu melaksanakan protokol kesehatan. “Kami laporkan juga, khusus untuk pegawai negeri dalam situasi Covid-19, kami akan launching  kredit citra dengan tingkat bunga lebih rendah dengan plafon Rp 50 juta khusus untuk penanggulangan dalam situasi Covid-19,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah program tanggung jawab sosial dan lingkungan atas kegiatan operasi perseroan atau komitmen usaha perseroan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama dengan para pihak terkait. Dengan masyarakat di mana perseroan berada, yang dilakukan terpadu dengan kegiatan usahanya secara berkelanjutan menjunjung tinggi prinsip-prinsip praktik usaha yang baik, keadilan ekonomi, keadilan sosial dan keadilan lingkungan, termasuk dari Bank Nagari.

Sementara Bupati Solok H. Gusmal, mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Nagari Cabang Solok yang telah memberikan CSRnya kepada Pemerintah Kabupaten Solok untuk dunia pendidikan. Menurut Bupati, hal itu perlu diberi apresiasi karena telah memperhatikan sektor pendidikan. Serta itu juga semacam belas jasa ke pemerintah Kabupaten Solok karena Kabupaten Solok adalah pemegang saham Bank Nagari. Di mana pemegang saham tersebut merupakan Pemda/Pemkab se- Sumatera Barat.

“Beberapa waktu lalu saya juga pernah meminta CSR bukan hanya di sektor pendidikan saja, tapi juga ada untuk yang lain, seperti di bidang pariwisata untuk sektor UMKM. tetapi Alhamdulillah hari ini kita telah menerima CSR hanya di sektor pendidikan. Mudah-mudahan CSR untuk ke depannya bisa lebih ditingkatatkan supaya bisa membantu di bidang atau di sektor lain,” harap Bupati.

Dijelaskannya, sektor pendidikan perlu dipahami, sebab masih banyak anak-anak atau siswa memerlukan bantuan dari segala pihak. Tentunya kalau dari segala pihak, Pemkab Solok akan lebih senang, seperti Aqua Danone, juga punya CSR tapi selama ini CSRnya digunakan untuk masyarakat sekitar Kayu Aro, yang dipakai untuk pengolahan bahan baku tomat untuk menjadi saus tomat. Jika Aqua Danone punya CSR untuk dunia pendidikan, maka lebih banyak CSRnya untuk dunia pendidikan. 

“Ada lagi yang masih kita miliki seperti perusahaan perkebunan PTP VI Nusantara, itu juga setiap tahun memberikan CSRnya kepada masyarakat dan kepada pemerintah Daerah, tapi kadang-kadang mereka bagi dan kadang Pemerintah Daerah tidak dapat. Akan tetapi Bank Nagari setiap tahunya selalu memberikan CSRnya Rp 100 juta untuk pemerintah daerah. Selama ini masyarakat tidak pernah tahu bahwa CSR Bank Nagari telah berbuat untuk masyarakat diberikan kepada masyarakat Kabupaten Solok,” tuturnya.

Kemudian Bupati juga berharap kepada Dinas Pendidikan agar memberikan bantuan kepada siswa-siswi yang sangat membutuhkan. “Saya berharap guru dan Dinas Pendidikan tolong seleksi dengan baik dan memberikannya kepada yang berhak,” pesan Bupati.

Usai menerima CSR dari Bank Nagari sebesar Rp100 juta, Bupati Gusmal langsung menyerahkannya secara simbolis kepada 117 orang siswa-siswi yang membutuhkan di Kabupaten Solok. (wan)

Next Post

JEMPUT KEPASTIAN FRAKSI TERKAIT OMNIBUS LAW, Perwakilan Mahasiswa Kembali Datangi DPRD Bukittinggi

Sel Okt 13 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Belasan perwakilan mahasiswa kembali mendatangi kantor DPRD Bukittinggi, […]