Pengamanan ‘Unras’Tanpa Senjata

MENYEJUKKAN sekaligus melegakan ucapan Kapolda Sumbar Irjen PolToni Hermanto tentang pengamanan unjuk rasa (unras) di mana petugas tidak menggunakan senjata. Dikemukakan kapolda, aksi damai yang dilakukan massa tersebut adalah keluarga kita semua, tentu perlu keramahan mengamankannya.

Ucapan kapolda ini pantas direnungkan, dimengerti, dan dipahami peserta aksi unjuk rasa. Sampaikanlah unek-unek dengan tertib, sopan, dan terjauh dari ketidaktertiban.

Sebagai manusia, apapun jabatan, pangkat dan peranannya jelas tak terlepas dari kekurangan disamping kelebihan yang dimiliki. Termasuk anggota legislatif sekalipun. Memang, lembaga legislatif akhir-akhir ini jadi sasaran demo dan hal itu mungkin karena ada sesuatu hal yang tidak berkenan di mata rakyat tentang keputusan yang dihasilkannya. Yang terbaru Undang-Undang Cipta Kerja. Begitu disahkan, Indonesia bergerak, terutama mahasiswa dan kaum pekerja. Mereka menilai UU itu banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

Terjadilah demo merata di berbagai daerah. Namanya demo, ada saja yang menyusup dan akhirnya memantik bentrokan peserta aksi dengan aparat. Di Polda Metro Jaya saja ada seribu orang lebih yang diamankan buntut aksi demontrasi itu. 

Khusus dalam aksi unjukrasa di Padang, Kapolda Toni Hermanto turun langsung memantau aksi massa di DPRD Sumbar, Kamis (8/10). Kapolda menyapa mahasiswa, menanyakan asal kampusnya. KORAN PADANG berhasil mengambil momenyang jarang terjadi itu dengan memampangkan foto kapolda saat bertemu mahasiswa. Dengan turun langsungnya kapolda jelas jadi kebanggaan bagi anggota yang mengamankan demo tersebut.

Kewibawaan kapolda di tengah kerumunan mahasiswa tersebut sangat berarti bagi banyak pihak. Kita berharap kedekatan kapolda dengan massa di lapangan membawa angin segar bagi kita bersama di daerah ini. Polisi itu pelindung rakyat. Mari kita bina terus hubungan baik Kita selalu butuh aparat keamanan. Semoga stabilitas negeri ini tetap aman dan terkendali. Terjauh dari jatuhnya korban yang sia-sia. Slogan polisi sahabat rakyat agar benar-benar selalu tampil dalam kenyataan. *

Next Post

UEFA Nations League Prancis Vs Portugal Memori Final Piala Eropa 2016

Jum Okt 9 , 2020
PARIS, KP – Prancis dan Portugal akan saling berhadapan di […]