PERINGATAN 11 TAHUN GEMPA DAHSYAT, Momentum Tingkatkan Mitigasi Bencana

PADANG, KP – Plt Walikota Padang Hendri Septa mengatakanperingatan 11 tahun terjadinya gempa dahsyat merupakan momentum untuk meningkatkan mitigasi bencana.Menurutnya, warga Kota Padang tetap harus meningkatkan kesiapsiagaan bencana, baik gempa dan bencana lainnya.

“Sekarang kita juga sedang dilanda bencana yaitu covid-19. Untuk itu kita perlu meningkatkan kesiapsiagaan bencana dengan turut serta dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Hendri Septa, Rabu lalu (30/9).

Plt Wako Hendri Septa mengatakandalam menghadapi resiko bencana, Pemko Padang sudah menyiapkan berbagai hal, termasuk resiko bencana megathrust.”Meskipun begitu kita sangat berharap hal itu tidak terjadikarena tidak terbayangkan dampaknya,”ujar Hendri.

Ia juga mengimbau kepada seluruh warga Padang untuk waspadakarena ancaman gempa, tsunami dan bencana lainnya tetap menghantui.”Sekarang cuaca juga ekstrim dan beberapa hari lalu terjadi banjir di beberapa titik. Untuk itu, kita harus selalu siaga dan tingkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

TABUR BUNGA DI TUGU GEMPA

Sebelumnya, Plt. Walikota Hendri Septa meletakkan karangan bunga dan tabur bunga di Tugu Gempa dalam rangka memperingati 11 tahun terjadinya gempa dahysat 2009 yang berkekuatan 7,6 SR dan menelan ribuan korban jiwa. Tabur bunga itu diikuti jajaran Pemko Padang, Polrestas Padang, dan masyarakat sekitar. Selain tabur bunga, juga digelar zoom meeting bersama jajaran Pemko Padang, BNPB dan pihak lainnya.

Wako Hendri Septa mengatakan meskipun dilakukan secara sederhana, namun peringatan 11 tahun gempa tetap jadi pelajaran berharga bagi Pemko Padang dan masyarakat. Atas nama Pemko Padang, ia mengucapkan terimakasih kepada semua elemen masyarakat hingga TNI-Polri yang telah bahu membahu pada saat kejadian 2009 silam dalam menyelamatkan korban.

“Mewakili keluarga korban kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam bencana gempa tersebut,” ucap Wako Hendri. (ip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Praja Wanita Satpol PP Tegur PKL Berjualan di Trotoar

Kam Okt 1 , 2020
PADANG, KP – Di samping gencar melakukan sosialisasi dan penindakan […]