Pimpinan dan Anggota DPRD Pasbar Ikuti Bimtek Optimalisasi Fungsi DPRD Dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD

SIMPANGEMPAT, KP – Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam peningkatan kapasitas yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, Sabtu – Rabu, tanggal 26 – 30 September 2020 di Fox Haris Hotel Pekanbaru dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni.

Bimtek kali ini dilaksanakan guna peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Pasbar tentangOptimalisasi Fungsi DPRD Dalam Proses Penyusunan dan Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2020 dan APBD tahun 2021 serta Pembatasan Penggunaan Anggaran tahun 2020 dimasa Pandemi Covid-19.

Parizal Hafnimengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan supaya materi yang diberikan nantinya dapat meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan keterampilan sebagai wakil dari rakyat.

“Kegiatan ini merujuk kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” kata Parizal Hafni kepada KORAN PADANG, Jumat (23/10/2020) di Padang Tujuh.

Selain itu, ia berharap dengan dilaksanakan bimtek ini, dapat lebih menambah pemahaman bagi Anggota DPRD Pasbar dalam memaksimalkan peran dan strategi dalam melaksanakan tugas dan fungsi lembaga DPRD, sehingga sinergitas antara DPRD dan Pemerintah Daerah dapat terbangun dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Pasbar.

Kemudian, disampaikan ketentuan tentang penetapan APBD sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan, yang meliputi penegasan tujuan serta fungsi dari pembuatan anggaran pemerintah. Dalam hal ini dibutuhkan penegasan dalam hal peran DPRD dan Pemerintah dalam proses menetapkan oleh DPRD Pasbar nantinya.

“Pengintegrasian sistem akuntabilitas kinerja juga dibutuhkan dalam sistem penganggaran. Pasalnya, optimalisasi fungsi dan wewenang DPRD dalam proses penyusunan dan penetapan APBD sangat dibutuhkan karena hal itu akan berpengaruh pada hasil penetapan APBD yang telah dibuat nantinya,” papar Parizal Hafni.

Selain itu, penyempurnaan dalam klasifikasi anggaran, penyatuan anggaran, serta penggunaan kerangka dalam pengeluaran jangka menengah didalam penyusunan anggaran sangat perlu untuk diperhatikan, mengingat anggaran merupakan suatu alat akuntabilitas, manajemen, dan kebijakan ekonomi.

Dijelaskan Parizal Hafni, didalam instrumen kebijakan ekonomi, anggaran ini memiliki fungsi untuk mewujudkan pertumbuhan serta stabilitas ekonomi dalam pemerataan pendapatan untuk mencapai tujuan negara secara bersama.

“Dalam mewujudkan tujuan serta fungsi penetapan anggaran harus dilakukan aturan secara jelas, terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini, kita harus ekstra hati-hati dalam penggunaan anggaran tersebut,” tambahnya.

Disamping Bimtek Optimalisasi Fungsi DPRD Dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD, Pimpinan dan Anggota DPRD juga mengikuti bimtek peran dan tugas DPRD Dalam Sinergitas Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

Dalam hal ini disampaikan Anggota Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Riau, Amiruddin Sijaya. Menurutnya, DPRD musti mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan secara ketat kepada konstituen anggota DPRD atau pemilih pada setiap tahapan pilkada yang berlangsung.

“DPRD juga harus melakukan pencegahan bersama terhadap konten-konten kampanye langsung maupun tidak langsung yang berbau SARA, Hoax, Ujaran Kebencian, kampanye hitam dan terjadinya politik uang dalam masa kampanye,” jelasnya.

Kemudian, DPRD juga harus menjaga kemandirian aparatur pemerintah dari penyalahgunaan wewenang dan anggaran daerah baik secara umum dan anggaran khusus penanggulangan Covid-19.

“DPRD juga harus bersinergi bersama Bawaslu dalam memberikan informasi awal terhadap dugaan pelanggaran yang terjadi pada tahapan Pilkada tahun 2020,” tutup Amiruddin Sijaya. (rom)

Next Post

Semua Kantor Camat dan Lurah Sudah terpasang Internet Gratis, Warga Bebas Mengakses

Ming Okt 25 , 2020
PADANG, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah memfasilitasi seluruh […]