Pjs Wako Solok Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan

SOLOK, KP – Kesepakatan dan pencanangan kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tahun 2020, secara resmi dibuka Pjs Walikota Solok Asben Hendri, di ruang Rapat Bappeda Kota Solok, Kamis (15/10). Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-KESEHATAN tahun 2020 itu bertemakan “Kita Perkuat Program Bangga Kencana di Kampung KB Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19”.

Pjs Wali Kota Solok, Asben Hendri menyampaikan, KKG PKK KKBPK Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK bersama OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik formal maupun non formal. “Dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil nyata di tengah masyarakat, serta mendapatkan pengakuan luas sebagai upaya bersama meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat,” ujarnya.

Di samping itu sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Asben berharap, dengan dilaksanakannya PKK-KB-Kesehatan di Kota Solok agar seluruh anggota PKK tidak bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan Kesehatan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan status gizi, khususnya anak dan balita keluarga Pra KS dan KSI.

“Untuk mewujudkan peningkatan taraf ekonomi dan status gizi, TP-PKK bersama Pemerintah Kota Solok bertekad untuk berperan aktif di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mencapai hasil maksimal melalui momentum KKG PKK KKBPK Kesehatan ini,” kata Asben.

Selain itu Asben juga menyampaikan, di masa Pandemi Covid-19, sebagai upaya mengurangi penyebarannya, segala macam bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan diminimalisir. “Untuk itu pelaksanaan KKG PKK KKBPK Kesehatan di Kota Solok tahun ini, Rapat kesepakatan dan Pencanangan KKG PKK KKBPK Kesehatan Tahun 2020 disamakan kegiatannya, namun bedanya sekarang dengan Protokol Kesehatan,” katanya.

Asben juga menyampaikan, Pemerintah Kota Solok dan seluruh OPD terkait beserta seluruh masyarakat sangat mendukung kegiatan KKG KKBPK Kesehatan. Karena melalui kesatuan gerak, semua bisa bersama-sama mensukseskan program KKG PKKBPK Kesehatan demi terwujudnya Kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu Pjs Ketua TP PKK, Rosselini Asben mengatakan, pelaksanaan KKG PKK KKBPK Kesehatan Tk Provinsi Sumatra Barat dilaksanakan dari Oktober hingga Desember 2020, untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan, yaitu Program PKK, Program Bangga Kencana, Program Kesehatan. “Semua target dan sasaran yang ditetapkan mengacu pada kondisi capaian riil di masing-masing OPD. Keberhasilan KKG PKK KKBPK Kesehatan di Tahun 2020 ini tentu tidak lepas dari pembinaan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatra Barat, BKKBN dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat,” kata Rosselini. (van)

Next Post

Di Tengah Pandemi, 186 ASN Sijunjung di Sumpah

Kam Okt 15 , 2020
SIJUNJUNG, KP – Pemerintah Kabupaten Sijunjung menggelar pengambilan sumpah dan […]