Sanggar Seni Baringin Sakti ‘Hoyak’ Panggung Medan Nan Bapaneh

PADANG, KP – Group Kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti, Kinari, Kabupaten Solok ambil bagian dalam pertunjukan ke-25 Pagelaran Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020, Sabtu malam (24/10), di Panggung Medan Nan Bapaneh KAN Kuranji, Padang. Meski di tengah guyuran hujan, group kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti tetap semangat dan antusias memainkan alat musik dan menampilkan kebolehannya di hadapan pengunjung.

Ketua Baringin Sakti Syahril Rajo Mudo mengatakangroup indang ini baru berdiri tahun 2014 dan diisi oleh anak-anak muda seangkatan SLTP dan SLTA. Tujuannyauntuk menjauhkan generasi muda Nagari Kinari dari pengaruh penyakit masyarakat dan pergaulan bebas.

“Group Indang ini sudah pernah tampil di Kayu Aro, Singkarak. Bahkan juga pernah tampil di Jakarta atas undangan Kerukunan Warga Kinari,” ujar Syahril.

Ia menambahkanGroup Indang Baringin Sakti juga pernah menjuarai berbagai perlombaan di Kabupaten Solok dan cukup ngetop di Solok.

“Mudah-mudahan dinas kebudyaan dan pariwisata bisa menghidiupkan semua kesenian yang ada di setiap nagari di Sumbar ini. Kami mohon juga diperhatikan biaya latihan atau pembinaan. Sebab, selama ini ketika latihan para guru-guru tidak pernah dibayar sepeser pun,”ujar Syahril.

Penanggung jawab kegiatan Erman Jamalyang Juga Ketua IPSI Kuranji mengtaakan pagelaran ini diadakan selama tiga bulan penuh. Ia mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Sumbar atas perhatian pada kegiatan ini. Juga, kepada anggota DPRD Sumbar Evi Yandri RJB atas kepeduliannya mengangkat pagelaran adat, seni, dan budaya melalui dana pokirnya. (bsc)

Next Post

Siwo PWI Sumbar Gelar Turnamen Sepakbola Usia Muda

Ming Okt 25 , 2020
PADANG, KP – Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia […]