UBH Rancang Aplikasi Panduan Pariwisata Kota Padang untuk Smartphone

PADANG, KP – Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta (UBH) merancang aplikasi panduan pariwisata di Kota Padang. Aplikasi yang dirancang tersebut merupakan bagian dari penelitian ‘Strategi Wisata Pantai Air Manis dan Pengenalan Aplikasi Wisata’ dan diberi nama ‘Padang Wisata’. Aplikasi berbasis android itu nantinya dapat diunduh secara gratis di Playstore.

Anggota tim dosen UBH Reni Yuliviona menyebut rancangan aplikasi tersebut merupakan bagian dari penelitian yang pendanaannya berasal dari Kemenristek Dikti untuk program kelompok penelitian terapan tahun ke-2 dengan objek Pantai Air Manis berjudul ‘Model Pengembangan Wisata Bahari Ranah Minang dengan Sistem Integrasi Terpadu’.

Tim ahli yang membuat aplikasi tersebut Arisal Yanuarafi menjelaskan aplikasi ‘Padang Wisata’ dirancang untuk dapat digunakan pada perangkat smartphone Android.Aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan informasi terkait wisata bahari yang ada di Kota Padang. Di dalamnya juga disediakan informasi spot foto yang menarik dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kawasan wisata bahari di Kota Padang.

“Melalui aplikasi inipengunjung dapat mengirimfoto yang berasal dari akun Instagramnya. Pengunjung juga dapat mengirimvideo dari channel YouTube. Foto dan video yang dikirim harus melalui moderasi oleh admin sebelum dipublikasikan di aplikasi Padang Wisata,”jelas Arisal, seperti dikutip dari laman resmi UBH, kemarin.

Ditambahkannya, baik foto maupun video yang ditampilkan di aplikasi berbentuk ‘embedded media’. Artinya, foto dan video tersebut tetap ditampilkan dari aplikasi penyedianya, yaitu Instagram dan YouTube sehingga tetap dapat memberikan kontribusi kepada pemilik foto atau video.

Terkait aplikasi ‘Padang Wisata’ yang dirancang tim dosen UBH itu, Plt Walikota PadangHendri Septamelalui Kadis Pariwisata Arfianberharap dalam aplikasi tersebut juga terdapat konten yang berhubungan dengan pariwisata Sumbar secara umum dan Kota Padang khususnya, seperti obyek wisata, kuliner, peta wisata, dan penginapan. Didalam aplikasi tersebut juga bisa dijelaskan secara lengkap dan dilakukan update secara berkala.

“Melalui Padang Wisata, wisatawan kita bisa langsung mengakses tempat wisata di Kota Padang, mengakses tempat penginapan seperti hotel, dan lain sebagainya,” ujar Arfian. (mas)

Next Post

Seluruh Personel Satpol PP Bakal Ikuti Assesment Ulang

Sen Okt 19 , 2020
PADANG, KP – Satpol PP Kota Padang dalam waktu dekat akan melaksanakan kerjasama dengan Batalyon Infanteri (Yonif) 133 Yudha Sakti (YS) dalam pelaksanaan assesment seluruh personel aparat penegak perda tersebut. Kasat Pol PP Kota Padang Alfiadi menjelaskankegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan personel Satpol PP dalam menghadapi tantangan pekerjaan kedepannyaserta […]