24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Dinkes Padang Pastikan VTM Tercukupi Hingga Akhir Tahun

PADANG, KP – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang memastikan stok Viral Transport Medium (VTM) yang digunakan untuk menyimpan spesimen pasien Covid-19 berupa lendir hidung dan tenggorokan yang akan diuji di laboratorium mencukupi hingga akhir tahun.

“Alat VTM sebagai media untuk menyimpan spesimen lendir hidung dan tenggorokan cukup hingga akhir tahun yang dipakai setiap kali pelaksanaan tes usap,” kata Kepala DKK Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Minggu (1/11).

Ia menjelaskan, VTM adalah alat untuk menyimpan spesimen atau sampel dahak hasil tes usap seseorang sebelum diperiksa di laboratorium dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“VTM merupakan alat penting dalam tahapan pemeriksaan virus corona. Ketiadaan VTM akan membuat pemeriksaan tes usap menjadi terkendala,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Padang mendapat bantuan alat VTM, apalagi saat ini peningkatan jumlah kasus virus tersebut masih terbilang tinggi.

Pemko Padang mendapat bantuan sebanyak 5.000 VTM dari Laboratorium Kedokteran Universitas Andalas (Unand). Selain itu, juga mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar sebanyak 5.000 VTM.

Kendati demikian, ia berharap seluruh warga Padang untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak.

Kedisiplinan warga akan membantu memutus penyebaran virus corona serta meminimalkan penggunaan alat VTM, karena berkurangnya warga yang terpapar COVID-19. “Tetap mengenakan masker dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (ant)

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinkes Padang hingga 31 Oktober 2020 terdapat 8.339 warga Padang positif COVID-19 dengan perincian dalam perawatan 2.882 kasus, telah sembuh 5.426 kasus, dan meninggal dunia 131 kasus.