18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

HENDAK MENUJU BUKIT CINANGKIAK, Bus Terbalik, Belasan Penumpang Terluka

SOLOK, KP – Sebuah mobil yang mengangkut wisatawan asal Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, terbalik di tanjakan jalan menuju objek wisata Bukik Cinangkiak, Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Dibawah, Kabupaten Solok, Senin siang (2/11), sekira pukul 12. 30 WIB. Bus itu diduga ‘kehilangan tenaga’ saat mendaki dan akhirnya jungkir balik hingga ke tebing bukit.

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi mengatakan peristiwa itu merupakan kecelakaan tunggal. Semua korban telah dievakuasi dari bus dan dibawa ke ke Puskesmas Singkarak dan ke rumah sakit umum M. Natsir, Kota Solok.

Menurutnya, kondisi jalan di objek wisata itu memang terjal. “Didugabus tidak kuat mendaki kemudian mundur hingga terbalik,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah rombongan itu murni hendak berwisata atau diundang pihak owner Cinangkiak yang merupakan salah satu calon bupati Solok, masih belum diketahui pasti. Hal itu masih digali pihak kepolisian. Informasi yang dihimpun, total penumpang bus yang mengalami kecelakaan berjumlah 35 orang.

Sementara, Kasat Lantas Polres Solok Kota, AKP Zamri mengatakan dari puluhan penumpang bus, 15 orang di antaranya mengalami luka-luka. Bahkan, satu penumpang terpaksa dirujuk ke rumah sakit di Kota Padang. Menurutnya, selain orang dewasa, dalam rombongan itu juga terdapay sejumlah anak-anak.

“Mereka memang ingin ke objek wisata Cinangkiak. Tapi apakah ada agenda lain (di sana) mereka ini belum mengaku, kayaknya memang ada,” ucapnya dilansir Langgam.id. (wan/lgm)