24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ini Sumbar, Bung

MARI datang berwisata ke Sumatra Barat. Beragam pertunjukan seni dan budaya bisa dinikmati. Alamnya indah memanjakan mata, pantainya landai, gunungnya menantang. Kulinernya enak tidak terkira.

Sudah sejak dulunya warga Minang dikenal ramah dan terbuka menerima tamu. Silahkan nikmati ‘apo nan ka tuju’. Makin lama bermukim di daerah ini makin terasa nikmatnya. Udara yang sejuk membuat makan ‘batambuah’ sampai ‘taparangah’ kekenyangan.

Beragam kuliner tersedia dan mudah didapat. Nikmatnya ampiang dadiah hingga gurihnya kerupuk sanjai. Randang jangan disebutlagi, sudah mendunia kelezatannya. Teh telur luar biasa rasanya. Konon, tak ada yang pandai di berbagai belahan dunia meramu teh telur ala Minang.

Tak heran penjajah berusaha menguasai ranah ini. Tapi perlawanan terus dikobarkan. Meski Imam Bonjol berhasil diasingkan Belanda ke Sulawesi Utara, namun rakyat daerah ini tak menyerah. Silih berganti panglima perang mengobarkan semangat jihad hingga akhirnya penjajah bertekuk lutut.

Begitulah. Jangan ada yang menganggap enteng daerah bertuah ini. Tak terhitunglagi darah tertumpah dan korban berjatuhan mempertahankan daerah kebanggaan ini. Merasa terhina rasanya kalau ada yang ‘berlantas-angan’ di negeri beradat dan penuh kesantunan ini. Tiba di mata tak dipicingkan, tiba di perut tak dikempiskan.

Yang penting, sesama anak bangsa marilah kita selalu saling menghargai. Kaya sekalipun kami tak meminta. Yang perlu hanya sopan, santun, saling menghormati, dan selalu menjaga kerukunan. Tidak diharapkan muncul silangsengketa di ranah bundo ini. Bagaimanapun kuatnya satu kelompok, kalau kelakuannya jahat, niscaya yang bersangkutan dihukum oleh perangai itu.

Ranah Minang selalu mengharapkan pendatang berkunjung ke daerah ini. Tampillah selalu dengan mulut manis kucindan murah. Insya Allah semuanya akan baik-baik saja. Rakyat daerah ini akan merasa sangat malukalau aparat sibuk mengamankan pendatang yang memunculkan kegaduhan.

Mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban daerah bertuah ini. Kepada tamu-tamu terhormat yang datang berkunjung tetaplah memelihara sopan-santun. Cukuplahperistiwa yang terjadi di Bukittinggikita ambil saja hikmahnya. Jangan sampai hal serupa terulang lagi. Semoga. *