21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ajang Pelampiasan

BARCELONA, KP – Tim kuat asal Spanyol Barcelona akan menjamu jagoan Ukraina Dynamo Kiev pada matchday 3 Grup G Liga Champions 2020/21, Kamis dinihari WIB nanti (5/11). Lionel Messi dan kawan perlu melupakan rasa frustrasi di ligadan fokus untuk melanjutkan start sempurna mereka di kancah Eropa.

Blaugrana diprediksi bakal menjadikan laga ini sebagai ajang pelampiasan usai tampil buruk di liga domestik. Potensi hujan gol terjadi di Stadion Camp Nou.Barcelona memang menjalani start yang cukup amburadul saat bermain di Liga Spanyol musim ini. Tim asuhan Ronald Koeman gagal menang dalam 4 penampilan terkini. Terakhir, Barca hanya bermain imbang 1-1 saat meladeni Alaves dalam laga tandang.Dengan mengoleksi 8 poin dari 6 laga, runner-up LaLiga musim lalu itu masih tertahan di urutan ke-12 klasemen Liga Spanyol.

Meskipun performa Barca buruk di LaLiga, ketika unjuk kekuatan di level Eropa, pasukan Koeman tampil dalam bentuk berbeda. Di Grup G UCL, Lionel Messi dan kawan-kawan menguasai posisi puncak klasemen dengan raihan 6 angka sempurna.

Pada matchday 1, Barcelona menang 5-1 menjamu tim debutan Ferencvaros. Barcelona menang lewat gol-gol Lionel Messi (penalti), Ansu Fati, Philippe Coutinho, Pedri, dan Ousmane Dembele. Namun, Barcelona kehilangan Gerard Pique yang dikartu merah di laga tersebut.

Pada matchday 2, Barcelona menang di kandang Juventus. Barcelona menang 2-0 lewat gol Ousmane Dembele dan penalti Lionel Messi.

Namun, setelah mengalahkan Juventus, Barcelona mengalami sedikit antiklimaks di La Liga akhir pekan kemarin. Pasukan Ronald Koeman dibuat frustasi oleh tuan rumah Alaves dan hanya bisa imbang 1-1 berkat gol penyama kedudukan Antoine Griezmann. Kini, Dynamo Kyiv bisa menjadi korban pelampiasan mereka.

Ronald Koeman sendiri mengingatkan timnya untuk lebih klinis dalam penyelesaian akhir. Di Liga Spanyol, Barca tercatat menciptakan rata-rata 13 peluang setiap laga tetapi hanya menorehkan 10 gol (1,66 gol perlaga). Sementara di UCL dengan koleksi 7 gol produktitas Barca lebih baik (3,5 gol).

“Saya cukup khawatir dengan performa kami dalam menyerang. Ini bukan masalah sikap ataupun konsentrasi, tapi ini tentang kepercayaan diri di depan gawang,” ujar Ronald Koeman, dikutip Marca.

Sementara itu, Dynamo baru mengumpulkan satu poin di grup ini. Setelah kalah 0-2 menjamu Juventus, wakil Ukraina itu imbang 2-2 di kandang Ferencvaros.Melawan Ferencvaros, Dynamo sejatinya unggul 2-0 terlebih dahulu melalui penalti Viktor Tsygankov menit 28 dan gol Carlos de Pena menit 41. Dynamo kemudian kebobolan dua gol di menit 59 dan 90.

Dynamo masih mencari kemenangan pertama. Namun, main tandang melawan Barcelona, dengan sembilan pemain yang absen akibat COVID-19, hal itu sepertinya sangat sulit untuk diwujudkan.

9 PEMAIN DYNAMO KIEV ABSEN KARENA COVID-19

Sayangnya, Dynamo Kiev tak bisa menurunkan tim terbaiknya untuk menghadapi Barcelona di lanjutan Liga Champions. Dari skuad yang dibawa ke Camp Nou, hanya 13 pemain yang berasal dari tim utama. Sedangkan dari total 13 pemain yang absen, sembilan di antaranya tak bisa tampil karena dinyatakan positif virus corona. Satu pemain lagi absen karena akumulasi kartu, sementara tiga lainnya cedera.

Enam pemain yakni Georgy Tsitaishvili, Denis Garmash, Mikkel Duelund, Alexander Karavaev, Tudor Belutse, dan Mykola Shaparenko dinyatakan positif covid-19 usai tes pada hari Senin (2/11) waktu setempat. Sementara tiga pemain lainnya yaitu Heorhiy Buschan, Vitaliy Mykolenko, Denys Boyko sudah menjalani isolasi karena dinyatakan positif sejak pekan lalu.Selain itu, lima anggota staf Dynamo Kiev juga positif covid-19. Salah satunya adalah asisten pelatih, Emil Karas.

Sektor penjaga gawang jadi lini yang kena dampak paling buruk. Sebab dua kiper utamanya, Buschan dan Boyko, harus absen. Pada pertandingan melawan Dnipro di Liga Ukraina akhir pekan lalu, pelatih Dynamo Mircea Lucescu harus menurunkan kiper dari tim muda, Ruslan Neshcheret.

Menurut laporan Marca, jumlah 13 pemain dari tim utama adalah syarat minimal agar pertandingan Liga Champions dapat lampu hijau untuk jalan terus dari UEFA. Itu berarti jika ada satu pemain lagi yang dinyatakan positif COVID-19 sebelum hari H pertandingan, maka laga Barcelona vs Dynamo bisa saja ditunda.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Alba, Lenglet, Pique, Dest; de Jong, Pjanic; Pedri, Messi, Dembele; Griezmann.

Dynamo (4-4-1-1): Neshcheret; Kedziora, Popov, Zabarnyi, Tymchyk; Pena, Shepelev, Andriyevskyi, Tsygankov; Buyalskiy; Supryaha. (ak/*)