24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bawaslu Pasaman Gencarkan Pengawasan Tahapan Kampanye Pilkada 2020

LUBUKSIKAPING, KP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman terus menggencarkan pengawasan kepada setiap Tim Kampanye Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta Tim Kampanye Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman pada tahapan kampanye Pilkada serentak tahun 2020.

Komisioner Bawaslu Pasaman, Mesrawati mengatakan, pengawasan kampanye meliputi kegiatan meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program calon gubernur dan calon wakil gubernur, calon bupati dan calon wakil bupati. “Dari hasil pengawasan kepada tim kampanye paslon Gubernur maupun tim kampanye Bupati, lebih banyak memanfaatkan metode kampanye pertemuan tatap muka dan terbatas,” kata Komisioner Bawaslu Pasaman Mesrawati, Selasa (3/11).

Dari hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu Pasaman, terang Mesrawati, selama 38 hari berjalannya tahapan kampanye terdapat 70 kegiatan kampanye paslon gubernur dan paslon bupati yang diselenggarakan dalam bentuk pertemuan tatap muka/terbatas. “Dari 70 kegiatan kampanye tersebut, terdapat 2 buah surat peringatan tertulis yang dikeluarkan Panwas Kecamatan, dari awal tahapan kampanye hingga hari ini,” ungkap Mesrawati selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pasaman.

Ia juga menyampaikan, terdapat 5 kegiatan kampanye yang dibubarkan Panwascam. “Yang mana dari 5 kegitan kampanye tersebut tidak ada STTP, 1 tidak mematuhi protokol Covid-19, 3 tempat kampanye tidak sesuai dengan yang ada di STTP. 4 kegiatan yang dibubarkan adalah kegiatan kampanye paslon gubernur/wakil gubernur dan 1 untuk kegiatan kampanye paslon bupati,” terang wanita yang akrab disapa Imes itu.

Mesrawati juga menerangkan, dalam PKPU, mengatur bahwa kampanye pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dan dialog mengutamakan melalui media daring. Namun pasangan calon belum ada melakukan melalui media daring tersebut hingga saat ini. (nst)