9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

MTSN 1 PADANG IKUTI WEBINARINJEKSI COMPUTATIONAL THINKING, Siswa Madrasah Harus Kuasai Teknologi Informasi

PADANG, KP – Unsur pimpinan dan ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) MTsN 1 Kota Padang mengikuti kegiatan webinar ‘Injeksi Computational Thinking di Madrasah’. Kegiatan tersebut dilaksanakan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan IAIN Salatiga, Senin lalu (2/11).

Webinar tersebut dibuka langsung oleh Menteri Agama RI H. Fachrur Razi di ruang kerjanya. Menag dalam arahannya memberikan semangat mengajar dan belajar kepada kepala madrasah, guru, dan semua siswa madrasah se-Indonesia. Dikatakannya, siswa madrasah harus menguasai dunia komputer, IT, dan dunia internet karena kedepan akan banyak pekerjaan yang bakal digantikan oleh robot.Untuk itu, kata menag, tamatan madrasah harua mampu bersaing didunia usaha secara global.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala MTsN 1 Padang Hj. Rifdawati, unsur pimpinan, ketua KKG , dan dua orang guru bidang studi. Sementara guru yang lain mengikuti webinar melalui Youtube di handphone masing-masing. Adapun narasumber wWebinar tersebut adalahpara profesiaonalInge Inggriani, Munajat, dan Adi Mulyanto.

Kepala MTsN 1 Padang Hj. Rifdawati menjelaskan Webinar Injeksi Computational Thinking di Madrasah ini sangat bermanfaat bagi guru madrasah untuk mewujudkan pembelajaran berbasis komputer, internet, dan teknologi informasi.

“Ini merupakan tantangan terberat, tersulit, dan sekaligus peluang besar untuk meraih kesuksesan.Ketika guru telah mampu menguasai dunia komputer dan IT maka guru dengan mudah memasuki dunia siswa dizaman digital ini,” ulasnya.

Ditambahkan Hj. Rifdwa, pembelajaran daring sangat menuntut guru untuk lebih profesional, kompeten, dan cerdas dalam melihat peluang dan mewujudkan pendidikan ya yang berkualitas. (ak)