Baznas Pariaman Kukuhkan Pengurus UPZ Kemenag Desa Air Santok

admin

PARIAMAN, KP – Ketua Baznas Pariaman Jamohor, kukuhkan dan lantik 7 orang pengurus UPZ (Unit Pengelola Zakat) Kantor Kemenag Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Selasa (3/11).”Unit Pengumpul Zakat Kemenag ini merupakan yang pertama dibentuk dalam UPZ Baznas Kota Pariaman, oleh karena itu setidaknya ini juga menjadi contoh bagi instansi lainnya,” ujar Jamohor.

Menurutnya, karena memang Kementerian Agama seyogyanya menjadi tauladan dalam urusan keagamaan bagi instansi lain. “Kami sangat mensupport upaya ini, karena dalam regulasi perzakatan, orientasinya BAZNAS menjadi koordinator perzakatan baik pada tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kab/kota,” sambungnya.

Dijelaskannya, LAZ dan UPZ merupakan naungan dari BAZNAS, sehingga ke depan setiap lini baik instansi pemerintah, swasta, BUMD, Desa/Lurah, Masjid dan kelompok organisasi lainnya dapat membentuk UPZ. Sehingga zakat yang dikumpulkan dapat dikoordinir dengan baik dan potensi zakat pun juga akan meningkat jika fungsi LAZ dan UPZ tadi dapat terlaksana dengan baik.

Pembentukan UPZ itu jelasnya, berpedoman Pada PerBaznas No 2 tahun 2016 tentang Pembentukan dan tata kerja UPZ, dan Keputusan Ketua Baznas No. 25 Tahun 2018 Tentang Pedoman pengelolaan UPZ Baznas. Dengan demikian maka UPZ setidaknya dapat mempedomani regulasi tersebut, di samping nantinya akan diadakan berupa bimbingan dari Baznas Kota Pariaman.

Pihaknya berharap, semoga dengan terbentuknya UPZ Kemenag Kota Pariaman menjadi contoh bagi instansi lainnya, sehingga dapat meningkatkan potensi zakat di Kota Pariaman. “Demikian kami sampaikan, semoga niat baik kita bersama diberkahi Allah dan tujuan yang kita rencanakan dapat tercapai dengan sebaiknya,” tutupnya. (war)

Next Post

PELATIHAN PENGELOLA HOMESTAY, Kadis Parpora Bukittinggi : Manajemen Homestay Harus Lebih Modern

BUKITTINGGI, KP – Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bukittinggi melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi  Pengelola Homestay DAK Non Fisik Pelayanan Kepariwisataan 2020. Pelatihan yang diikuti 40 orang peserta dari pengelola Home Stay itu diadakan selama 3 hari dan dibuka secara resmi oleh PJS Walikota Bukittinggi diwakili […]