18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KEWASPADAAN DAN KESIAPSIAGAAN, BPBD Padangpanjang : Bencana Tidak Corona Saja, Tapi juga Bencana Alam

PADANGPANJANG, KP – BPBD Kesbangpol Kota Padangpanjang terus bekerja keras memutus mata rantai penyebaran corona, disamping harus bersiap siaga bila bencana alam menerpa. Bersama DKK, Pol PP, Dishub, TNI, Polri, dan organisasi kemanusiaan seperti PMI, BPBD Kesbangpol tak kenal lelah mejalankan tugas, menanggulangi pandemi Covid-19. Begitupun, upaya penanggulangan bencana alam.

“Selain melakukan aktifitas memutus mata rantai corona dan penegakan disiplin bersama Pol PP, TNI dan Polri, BPBD Kesbangpol Kota Padangpanjang juga siap siaga menjalankan tugasnya dalam penanggulangan bencana alam,” kata Kepala BPBD Kesbangpol Marwilis, Rabu (30/9) di ruangan kerjanya.

Kondisi cuaca yang tidak menentu, kata Marwilis, harus disertai dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari anggota BPBD bila terjadi bencana. “Bencana tidak corona saja, tapi juga bencana alam seperti longsor ataupun pohon tumbang,” lanjutnya.

Cakupan bencana alam saat ini, kata Marwilis, memang tidak terlalu besar dan masih bisa tertangani oleh tim Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdalops BPBD Kesbangpol Kota Padangpanjang. Namun bila cakupannya besar, akan melibatkan TRC tingkat kota seperti dari Polres Padangpanjang.

Terkait penanggulangan corona, BPBD bersama para relawan PMI Kota Padangpanjang juga aktif melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi, baik secara kasuistik maupun berkala. “Kalau ada laporan dari masyarakat kita lakukan penyemprotan, semata-mata menjaga masyarakat kita dari penyebaran corona,” katanya.

Marwilis menyampaikan, sesuai arahan walikota, karantina di BBI akan diaktifkan kembali. “Kita juga akan mengaktifkan kembali karantina di BBI seiring penambahan kasus Covid-19 di Kota Padang Panjang,” pungkasnya. (sup)