648 Pelanggar Protokol Terjaring Razia Perda AKB

SOLOK, KP – Tim gabungan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Kota Solok, menindak 648 orang dan 10 pelaku usaha di daerah setempat yang melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Sampai saat ini kami masih memberikan sanksi sosial, rata-rata mereka melakukan pelanggaran baru satu kali. Terhadap pelaku usaha, kami masih memberikan sanksi berupa teguran,” kata Kasi Operasional Pol PP Kota Solok Rico Saputra di Solok, Jumat (6/11).

Selain itu, bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker, sanksinya berupa kerja bakti membersihkan fasilitas umum di Kota Solok.

Operasi yang dilakukan selama ini, kata dia, dengan cara pendekatan humanis.”Intinya operasi harus memberikan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Menurut dia, keberhasilan operasi tersebut tidak mesti dilihat dari banyaknya jumlah pelanggar yang terjaring. Namun, yang terpenting ialah sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Ia menyebutkan, kegiatan operasi tersebut juga diikuti oleh Dinas Perhuhungan Kota Solok, Kominfo, Humas, Kodim, pihak kepolisian, Pos Denpom, dan unsur terkait lainnya.

“Selama dalam pelaksanaan operasi, beberapa pelanggar mengaku tidak memakai masker karena lupa. Selain itu, ada juga di antara mereka yang beralasan memakai masker malah mengganggu pernapasan,” ucapnya.

Kendati demikian, dia tetap memberikan sanksi sosial terhadap pelanggar berupa kerja bakti dengan menggunakan rompi yang bertuliskan “Saya Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19”.

“Kami juga memberikan penjelasan tentang bahayanya pandemi Covid-19 sekaligus mengingatkan para pelanggar agar ke depannya memakai masker,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat Kota Solok tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yaitu tetap memakai masker saat berinteraksi di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap menjaga imunitas tubuh.

“Hal itu bertujuan untuk membentengi diri agar terhindar dari penularan Covid-19,” katanya menegaskan.

Ia juga meminta masyarakat agar terus menjaga kesehatan dan disiplin dalam mematuhi semua protokol kesehatan sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. (ant)

Next Post

Tingkatkan Imunitas, Petugas Kebersihan Diberi Susu Gratis

Jum Nov 6 , 2020
PADANGPANJANG, KP – Meningkatkan imunitas para petugas kebersihan dan taman, […]