Agustinar, Warga Muara Panas Diserang Stroke Butuh Uluran Tangan Dermawan

SOLOK, KP – Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Mungkin itulah nasib yang dirasakan Agustinar (48 tahun), warga Jorong Sawah Ampang, Nagari Muaro Panas, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok. Betapa tidak, sudah ditinggal selamanya oleh suami karena dipanggil Sang Khalik, kini Agustinar harus berjuang melawan stroke yang ia derita. Sementara yang mencari nafkah adalah anak gadisnya Hanifah Febrina (19 tahun), baru lulus SMK tahun ini. Sedangkan satu lagi anaknya sudah menikah dan tinggal jauh di Solok Selatan.

Siapa yang menyangka, akibat penyakit yang dialaminya itu, Agustinar harus terbaring di rumah sangat sederhana. Sementara sang anak Hanifah Febrina dengan setia merawat sang bunda, meski dirinya juga harus menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan minuman di pasar Muara Panas. “Saya juga bingung, di satu sisi saya harus menjaga ibu dan di sisi lain saya harus mencari nafkah untuk kebutuhan kami,” sebut Hanifah kepada tim relawan kemanusiaan yang diberi nama Tim Jumat Berkah, pimpinan Haris Wandi (50 tahun), saat mengunjungi rumah mereka, Jumat (13/11).


Meski baru tamat SMK, namun rasa tanggung jawab anak gadis Agustina itu tak kalah dengan orang dewasa. Di mana Hanifah tak pernah ‘patah arang’ dan siap menjadi tulang punggung untuk kesembuhan ibunya. Saban hari, harus mengurus ibu yang tidak bisa apa-apa dan juga mencari nafkah. Dia harus melawan rasa kantuk dan malas untuk mengais rezeki ke pasar dengan menjual minuman, kopi, teh dan lainnya. Hal itu dilakukan dengan harapan agar mendapat biaya hidup dan perawatan sang ibu. “Ibu tidak pernah dibawa ke rumah sakit karena tidak ada biaya. Selain itu kami juga tidak punya BPJS Kesehatan,” sebut Hanifah, dengan suara serak dan sedih.

Sementara itu Tim Tim Jumat Berkah pimpinan Haris Wandi yang mengetahui ada anggota keluarga itu yang ditimpa stroke, langsung menuju TKP. “Setiap Jumat kami berkeliling memberi bantuan kepada keluarga yang sangat membutuhkan. Meski bantuan yang kami bawa tidak banyak, tetapi kami berharap minimal bisa meringankan beban mereka. Kami juga ingin mengetuk hati saudara kita yang lain untuk saling berbagi antar sesama,” sebut Haris Wandi, yang juga seorang PNS di Pemkab Solok.

Pihaknya juga menerangkan, pada Jumat lalu, tim yang dipimpinnya sudah memberi bantuan kepada keluarga yang menderita kanker otot di Nagari Kinari dan sudah dibawa berobat ke Lubuk Alung dengan biaya gratis serta sudah dimuat di media. “Kami juga ingin buk Agustinar ini sembuh dan akan kita sampaikan ke Baznas Kabupaten Solok agar diberi bantuan,” tambah Haris Wandi.

Pihaknya mengetuk hati para dermawan untuk mau saling berbagi, terutama kepada keluarga Agustinar yang sangat membutuhkan uluran tangan antar sesama. Sementara itu bantuan bisa diantar langsung ke alamat Agustinar di Jorong Sawah Ampang Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi, atau sekitar lebih kurang 500 meter dari Pasar Muara Panas. Atau bisa menghubungi nomor 08126679582. (wan)

Next Post

Pemko Solok Bakal Gelar “Innovation Expo”

Ming Nov 15 , 2020
SOLOK, KP – Pada 16 November mendatang, Kota Solok berumur 50 […]