Antisipasi Terjadinya Bencana, Tanahdatar Siapkan Personel Gabungan

BATUSANGKAR, KP – Kabupaten Tanahdatar merupakan salah satu daerah rawan bencana. Malahan hampir seluruh macam bencana dapat terjadi di wilayah tersebut. Hal itu dikemukakan Pjs Bupati Tanahdatar Erman Rahman, ketika memimpin upacara apel siaga bencana di depan gedung promosi Dekranasda setempat, Selasa (10/11).

Dikatakan Erman Rahman, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi korban jiwa dan harta di saat terjadi bencana, perlu disiapkan personel gabungan untuk penanganan. “Perlu kiranya dilakukan antisipasi untuk menghindari korban jiwa dan harta di saat bencana terjadi,” ucapnya.

Penyiapan personel siaga bencana itu kata dia, bertujuan mengingatkan masyarakat agar lebih waspada. “Tanah datar kaya akan sumber daya alam, namun memiliki ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi seperti longsor, banjir bandang, gempa dan lain sebagainya,” tuturnya. 

Dikatakan Kepala BPBD Sumbar itu, dalam menghadapi bencana perlu dilakukan latihan penanggulangan bencana secara berkala dan teratur. Apalagi jika terjadi bencana alam pada masa pandemi, tentu akan semakin memberatkan masyarakat. “Jika bencana datang, lakukan evakuasi mandiri mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Tanahdatar, AKBP Rohmad Hari Purnomo. “Kesiapsiagaan bencana penting dilakukan saat ini, terlebih Tanahdatar tercatat sebagai daerah rawan bencana alam, selain itu cuaca buruk yang kerap melanda di akhir tahun turut menjadi ancaman masyarakat saat ini. Oleh karena itu mari bersama-sama kita saling mengingatkan agar kemungkinan terburuk dapat diminimalisir,” ulasnya.

Pada kesempatan tersebut Pjs. Bupati bersama Kapolres dan Forkopimda memastikan kesiapan personel serta kesiapan kendaraan yang digunakan. Adapun personel yang disiapkan, yakni terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Tagana, Tim SAR dan Relawan. Selain itu apel gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Erman Rahman, serta turut dihadiri unsur Forkompinda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kalaksa BPBD Thamrin dan pimpinan OPD terkait. (nas)

Next Post

Selama Operasi Zebra, TidakAda Penilangan di Tanahdatar

Rab Nov 11 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Operasi Zebra 2020 yang dilaksanakan dari 26 […]