‘Banjir’ Penghargaan, Bupati Irfendi Arbi Borong Dua Anugerah Wisata

LIMAPULUH KOTA, KP – Penghargaaan demi penghargaan, kalimat itu sepertinya pantas disematkan kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di bawah pimpinan Bupati Irfendi Arbi. Betapa tidak, hanya selang sehari usai menerima penghargaan dari BPKP RI atas pencapaian Kapabilitas APIP Level 3, kiniBupati Irfendi Arbi kembali menerima penghargaan bidang wisata pada Penganugerahan Peduli Wisata Award dan GIPI Award 2020.

Tak tangung-tangung, pada ajang bergengsi di bidang wisata tersebutKabupaten Limapuluh Kota memborong dua penghargaaan sekaligus.Yakni, juara 1 kategori The Best Peformencekategori tertinggi di bidang wisata, serta penghargaan GIPI Awards 2020 Sumatera Baratkepada Pokdarwis Kapalo Bonda Taram untuk kategori Pokdarwis terbaik.

“Penghargaan ini kerja keras seluruh masyarakat Limapuluh Kota dalam memajukan dunia wisata,” ujar Bupati Irfendi Arbi saat menerima penghargaan,yang diserahkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Gubernuran, Kota Padang, Kamis lalu (19/11).

Menurut bupati, ini membuktikan masyarakat Limapuluh Kota bersama pemerintah daerah telah berhasil membenahi prawisata daerahnya.”Alhamdulillah, pada penganugerahan wisata awards ini, kita berhasil membawa dua buah penghargaan sekaligus. Pertahankan prestasi ini, mari bersama kita majukan wisata daerah kita,”sebutnya.

Ia juga mendorong, seluruh pihak yang berhubungan dengan kepariwisataan untuk terusmenjaga, melestarikan serta mengembangkan objek wisatanya masing-masing.

“Limapuluh Kota memiliki potensi wisata luar biasa, tak hanya alam, kita juga ada wisata budaya, sejarah, agro dan religi. Jika ini kita kelola dengan baik, bukan tidak mungkin daerah kita akan mendunia melalui pariwisata,” sebutnya.

Kesadaran masyarakat akan wisata juga sudah semakin membaik dibuktikan dengan adanya inovasi-inovasi baru dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“The Best Performance, aspek penilaiannya meliputi tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi kreatif, pema­saran pariwisata, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan ekonomi kreatif,” tutupnya.

Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutpenganugerahan Wisata Award ini merupakan apresiasi kepada kepala daerah dalam pembangunan dan pengembangan wisata.”Selamat kepada daerah pemenang wisata tahun 2020. Kita harap penghargaan wisata ini memotivasi kabupaten dan kota lain dalam menuju pariwisata yang berkualitas,” sebutnya.

Menurut gubernur, pertumbuhan wisata merupakan hal sangat krusial dalam membangkitkan ekonomi masyarakat.”Bila semua pihak saling mendukung dan berlomba menjadi yang terbaik, maka pada akhirnya sektor pariwisata mampu menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah,” sebutnya.

Tak hanya sukses memborong dua penghargaan bidang pariwisata sekaligus, dua hari sebelumnya Irfendi Arbi juga menghadiahi daerahnya dengan penghargaan atas pencapaian Kapabilitas APIP Level 3.

Selain itu, Irfendi Arbi juga sukses menyuguhkan sejumlah prestasi membanggakan lainnya.Kebolehan itu antara lain apresiasi atas Praktik Baik Keuangan Dana Desa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia yang diterima Irfendi Arbi bersama Wali Nagari Taram Kecamatan Harau Defrianto Ifkar dalam acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi(ANPK) di Gedung Merah Putih KPK di Jakarta, Agustus lalu.

Tak kalah hebatnya, Pemkab Limapuluh Kota di bawah komando Irfendi Arbi sukses mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Limapuluh Kotalima kali secara berturut-turut.

Disamping itu, Irfendi Arbi juga meraih penghargaan dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat karena capaianResponse Rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online. Berikutnya, Irfendi Arbi juga sukses meraih prestasi koperasi untuk kategori Daerah Dengan Kinerja Koperasi Terbaik Tahun 2020 tingkat Sumatera Barat, serta merebut juara dua Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik pada Media Website Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. (adv)

Next Post

Berusaha Kabur, Pencuri HP Polisi Ditembak

Sen Nov 23 , 2020
Personel Reskrim Polresta Padang mengamankan KF (27 tahun) yang merupakan […]