Banjir Rendam Ratusan Rumah di SBJ Solsel

PADANG ARO, KP – Sedikitnya 126 rumah warga di Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ), Kabupaten Solok Selatanterendam banjir akibat luapan Sungai Batang Pangian dan Sungai Batang Geringging, Senin dinihari (9/11).

“Banjir mulai melanda pukul 01.30 WIB dan sekitar pukul 04.00 WIB air mulai surut.Paginya korban sudah mulai membersihkan rumah masing-masing,” kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Romi Aprijal, kemarin.

Ia menurutkan wilayah yang terdampak banjir yaitu di Jorong Pasa sebanyak 34 rumah terendam dengan jumlah 46 kepala keluarga dan 400 jiwa.Selanjutnya di Jorong Taratak sebanyak 80 unit rumah terdampak dengan 90 kepala keluarga dan 450 jiwa. Banjir juga merendam Pasar Rakyat Sungai Sungkai. Lalu, juga merendam jalan, perkebunan dan peternakan milik warga setempat.

Menurutnya, banjir terjadi akibat hujan deras seharian di Kabupaten Solok Selatan sehingga mengakibatkan air sungai melebihi kapasitas dan meluap menggenangi pemukiman penduduk. Ketinggian banjir bervariasi, namun ada yang mencapai 1,3 meter.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Tim sudah mendistribusikan bantuan logistik bagi korban banjir seperti mie instan dan makanan lainnya untuk sarapan sebab para korban belum bisa memasak. Tim juga membantu warga membersihkan material banjir di rumah-rumah warga,” ujarnya.

BPBD Solok Selatan melakukan koordinasi dengan kecamatan, walinagari, TKSK, dan jorong setempat dalam melakukan penanganan banjir.

Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran didampingi Kasi Kedaruratan Romi Aprijal mengatakan bahwa setelah mendapatkan informasi, malam itu langsung bergerak bersama tim TRC nya.

“Setelah mendapatkan informasi, malam itu juga tim TRC BPBD Solok Selatan diturunkan dan hingga kini tim masih di lapangan untuk membantu warga,” ucap Richi.

BPBD Kabupaten Solok Selatan juga melakukan koordinasi dengan kecamatan, Wali nagari,TKSK dan Jorong Setempat, untuk penanganan selanjutnya. (ant)

Next Post

SEPULUH PROGRAM UNGGULAN IP-NA, Realisasi Investasi Lampaui Target, UMKM Disiapkan Hadapi Industri 4.0

Sen Nov 9 , 2020
PADANG, KP – Pembangunan merupakan proses yang berkesinambungan dengan tujuan […]