Bawaslu Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Melalui Cerdas Cermat Antar SMA

SOLOK, KP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggelar sosialisasi tahapan Pilkada tahun 2020 melalui cerdas cermat antar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kota Solok, Sabtu (14/11). Kegiatan yang digelar di Area Objek Wisata Alam Terbuka Pulau Belibis Kota Solok itu dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati.

Pelaksanaan cerdas Cermat tersebut juga dihadiri Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Pelanggaran Ratna Dewi Pettalolo, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatra Barat, Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Solok Agustin Melta, guru pendamping masing-masing sekolah serta staf Bawaslu Kota Solok.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ajang belajar bagi pemilih pemula, khususnya para pelajar yang sudah memenuhi syarat untuk memiliki hak pilih. “Diharapkan pengetahuan yang didapat dalam pelaksanaan kegiatan ini disampaikan dan disosialisasikan kepada teman-teman, keluarga serta lingkungan sekitar,” kata Triati.

Triati menjelaskan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Solok hingga saat ini berjumlah 49.118 orang, dan yang akan dipilih pada Pilkada 9 Desember mendatang ada 4 pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota serta 4 pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dia juga mengingatkan, para pemilih pemula yang rentan terhadap sasaran politik uang agar tidak terlibat dan ikut membantu pengawasannya di lapangan. Karena tindakan tersebut masuk dalam unsur tindak pidana politik dengan sanksi yang lebih berat dari sebelumnya, baik bagi pemberi maupun penerima.

Terkait pelaksanaan Pilkada tahun ini di tengah Pandemi Covid-19 kata dia, seluruh rangkaian kegiatannya berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Termasuk pelaksanaan cerdas cermat yang merupakan agenda tahunan Bawaslu Kota Solok, yang tahun ini merupakan pelaksanaan ketiga kalinya.

Sementara itu Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Pelanggaran Ratna Dewi Pettalolo, menyampaikan apresiasi pelaksanaan kegiatan yang digagas dan digelar Bawaslu Kota Solok itu. Namun dikatakannya, untuk menambah motivasi peserta, ke depan dia mengharapkan juga diberi piala bergilir.

Kemudian dia juga mengingatkan tentang bahaya politik uang yang harus diperangi. Menurutnya, pemilih cerdas memilih pemimpin dengan mengedepankan alasan-alasan yang rasional, yang memiliki jiwa kepemimpinan baik, memiliki kecerdasan intelektual, emosional, serta spiritual. Selain itu, juga pemimpin yang memahami kebutuhan masyarakatnya.

Selain itu pelaksanaan kompetisi cerdas cermat dengan materi seputar pelaksanaan Pilkada tersebut dipandu langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati. Sedangkan juara pertama diraih oleh Hilal Sinaga dari SMK 3, juara kedua Bintang Marselino dari SMA 3 dan peringkat ketiga diperoleh Agung Imam Pratama dari SMK 1. Masing-masing juara memperoleh trophy, piagam serta hadiah berupa uang tunai dari Anggota Bawaslu RI. Seluruh peserta juga memperoleh uang transport dan uang saku dari Bawaslu Kota Solok. (van)

Next Post

Kasatpol PP Tinjau Penerapan Prokes di Venue MTQ Nasional

Rab Nov 18 , 2020
PADANG, KP – Untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik di seluruh venue MTQ Nasional ke-28, Kepala Satpol PP Kota Padang Alfiadi mengunjungi venue-venue tersebut, Selasa (17/11).Dalam kunjungan tersebut, Alfiadi memastikan adanya tempat cuci tangan, sabun dan tisu atau tempat pengering sebelum memasuki lokasi kegiatan. Selain itu juga untuk memastikan […]