Bawaslu Padangpariaman Sosialisasikan Pengawasan Kampanye Libatkan Media

PARITMALINTANG, KP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Daerah Padangpariaman sosialisasikan pengawasan kampanye dengan melibatkan awak media, Kamis (12/11).

Ketua Bawaslu Padangpariaman, Anton Ishak menyampaikan, dengan adanya pertemuan bersama para awak media mengharapkan penyampaian edukasi dan informasi terkait kampanye pada Pilkada 2020 bisa disampaikan langsung oleh rekan-rekan media.

“Baik melalui pemberitaan maupun perkumpulan wadah yang menaungi profesi wartawan itu sendiri. Karena sosialisasi melalui Facebook dan Instagram yang dikelola Bawaslu belum diketahui sepenuhnya oleh beberapa pihak di tingkat masyarakat,” ucapnya.

Terkait tingginya pelanggaran netralitas ASN di Padangpariaman, Anton menyampaikan, setelah giatnya Bawaslu melakukan pencegahan dengan mengirimkan surat pencegahan ke OPD-OPD baik vertikal maupun di bawah Pemerintahan Kabupaten termasuk pimpinan TNI dan Polri.

“Diawali dengan penandatanganan fakta integritas netralitas ASN. Dalam hal ini kita mengapresiasi Pjs. Bupati yang mau menerima masukkan Bawaslu, mengumpulkan ASN untuk melakukan penandatanganan fakta integritas,” ucapnya.

Disebutkannya, karena sebelum penandatanganan fakta integritas, pelanggaran netralitas ASN sangat mengkhawatirkan. “Alhamdulillah setelah penandatanganan tersebut, sampai saat ini tidak ditemukan pelanggaran netralitas oleh ASN,” tuturnya.

Sementara itu Kordiv Humas dan Hubal (Hubungan masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga), Rudy Herman mengatakan, telah melayangkan 7 kali surat peringatan dan 9 kali pembubaran kepada peserta Pilkada baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. “10 kali kasus dari laporan tindak pidana dan pelanggaran kampanye masuk yang telah diregister. 6 terkait netralitas ASN, 5 sudah dikeluarkan putusannya oleh KASN. 4 dikenakan sanksi sedang, 2 sanksi moral,” ungkap Rudy.

Lanjutnya, sedangkan 4 kasus terkait netralitas non ASN, 2 kasus oleh Perangkat Nagari, 1 tindak pidana Pemilu oleh calon dan 1 pelanggaran etik oleh salah satu jajaran komisioner Adhoc Bawaslu. (war)

Next Post

BSM Lubuksikaping Salurkan Bantuan Ke SLB Yappat Pasaman

Jum Nov 13 , 2020
LUBUKSIKAPING, KP – Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, menyalurkan bantuan untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) Yappat Lubuksikaping, Jumat (13/11). Bantuan senilai Rp 5 Juta itu langsung diserahkan Branch Manager KCP BSM Ronaldi, kepada Ketua Yayasan Penyantun Pendidikan Anak Cacat (Yappat) Pasaman Ny. Suryani Yusuf […]