Biaya Pemakaman Jenazah Covid-19 Capai Rp3 Juta

PADANG, KP – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon mengatakan Pemko Padang mengeluarkan anggaran sebesar Rp3 juta untuk biaya pemakaman jenazah Covid-19.Dana tersebut digunakan untuk membiayai proses pemakaman yang dilakukan oleh para petugas, di mana satu orang petugas mendapatkan Rp250 ribu untuk satu jenazah.

“Kita punya dua tim pengubur jenazah Covid-19. Satu tim jumlahnya 12 orang. Jadi satu jenazah biayanya Rp3 juta, di mana masing-masing petugas mendapatkan Rp250 ribu,” kata Mairizon, kemarin.

Ia mengungkapkan, awalnya di dalam perwako biaya yang dikeluarkan Pemko Padang untuk pemakaman 1 jenazah mencapai Rp6,5 juta. Pada saat itusetiap petugas mendapatRp500 ribu.Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata biaya yang dikeluarkan cukup besar dan hampir mencapai Rp500 juta.

“Jadi pada awal Perwako dikeluarkan Bulan April, biaya yang dikeluarkan untuk satu orang petugas sebesar Rp500 ribu per jenazah. Lalu Perwako itu direvisi dari Rp500 ribu menjadi Rp250 ribu. Jadi total biaya untuk 1 jenazah sebesar Rp3 juta, dari sebelumnya Rp6,5 juta,” jelas Mairizon.

Dia menambahkan, semua pasien yang meninggal di Padangakan difasilitasi pemakamannya. Akan tetapi karena menyangkut pembiayaan, maka pimpinan mengambil kebijakanbahwa jenazah yang ber-KTP luar Kota Padang diizinkan dimakamkan di TPU Bungustapi biayanya ditanggung ahli waris. (ip)

Next Post

Kongsi Covid-19 Rimbo Kaluang Beri Bantuan pada Warga Isolasi Mandiri

Jum Nov 6 , 2020
PADANG, KP – Lurah Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Syafardi bersama pengurus Kongsi Covid-19 memberikan bantuan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus corona, Kamis (5/11).Bantuan yang diberikan berupa bahan kebutuhan sehari-hari yakni sembako. Menurut Lurah Syafriadi, bantuan tersebut berasal dari DAU BTT kelurahan yang dialokasikan untuk penangangan […]