BUTUH ULURAN TANGAN DERMAWAN, Balita Berusia 3 Tahun Miliki Kelainan Kelamin

SOLOK, KP – Sungguh malang nasib Syahidah Rasyid (3 tahun), anak dari pasangan Dedi Wahyudi dan Ayu Rahmadbanis, warga Jorong Pasa Usang, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.
Bocah Syahidah Rasyid mengalami kelainan jenis kelamin bawaan dari lahir. Ia harus menjalani operasi untuk menentukan jenis kelaminnya.
“Dia harus dioperasi untuk menentukan jenis kelaminnya dan lebih cenderung ke perempuan,” sebut Nofi Fitri Yeni (35 tahun), tante si bocah malang itu.
Sebelumnya, pada Kamis (26/11) pukul 11.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB, Syahidah Rasyid sudah melakukan operasi pertama. Menurut dokter, ia mengalami kelainan pada jenis kelamin atau disebut Estrhopy buli bledder. Penyakit itu termasuk penyakit langka yang harus diatasi dengan melakukan operasi besar (joint kompre). Operasinya pun harus dilakukan oleh dokter tulang orthopedi bekerjasama dengan dokter bedah urologi.
Awalnya jenis kelamin anak itu tidak jelas. Namun setelah dilakukan operasi tahap pertama, berkemungkinan besar ia berjenis kelami perempuan.
“Seharusnya Syahidah Rasyid dirujuk ke RSCM di Jakarta. Di Sumbar satu-satunya dokter yang bisa membantu operasi ini adalah dosen kedokteran Unand. Apabila kerjasama ini bisa terwujud, maka kasus ini bisa ditangani di RSUPDr. M. Djamil,” sebut Nofi Fitri Yeni.
Namun, lanjutnya, orangtua bocah malang itu terkendala biaya. Meski ada JKN-KIS, namun mereka kesulitan untuk biaya hidup sehari-hari dan pembelian keperluan medis lainnya. Apalagi mereka saat ini sedang menjaga anak mereka di RSUP M.DJamil Padang usai menjalani operasi pertama sehingga tidak bekerja dan tidak ada penghasilan.
Berbagai cara dilakukan Nofi, termasuk akan mendatangi kantor walinagari. Pihaknya juga berharap ada bantuan dari Dinas Sosial atau, Baznas, dan pihak-pihak lainnya.
Sementara, Walinagari Koto Gadang Guguak Carles Camramengaku baru mendengar cerita itu karena tidak ada yang memberi kabar. “Kami baru tahu,InsyaAllah akan kita kunjungi dulu,” sebutnya.
Bagi pembaca dan dermawan yang ingin membantubisa menghubungi kediaman keluarga malang itu atau menghubungi wartawan KORAN PADANG wilayah Solok, Wandy pada nomor HP 08126679582, bisa juga dengan menyalurkan donasi melalui rekening BRI 555201017749534atas nama Arwitamarni. (wan)

Next Post

Minta Maaf

Jum Nov 27 , 2020
KITA sebagai umat beragama selalu diharapkan rukun dan terjauh dari […]