Di Masa Pandemi, Kader PKK Tetap Mampu Berbuat

BATUSANGKAR, KP – Salah satu tugas kader PKK pada masa Pandemi Covid-19 ini adalah menjaga diri, keluarga dan masyarakat dari penularan virus yang persebarannya begitu tinggi ini.

Demikian disampaikan Pjs. Bupati Tanahdatar, Erman Rahman diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Nofenril pada acara Pembinaan Gerakan PKK oleh TP. PKK Provinsi Sumatera Barat, di Aula Kantor PKK Kabupaten Tanahdatar, baru-baru ini.

Menurut Nofenril, tugas ini tentunya akan dapat dijalankan oleh kader-kader PKK sebagai mitra kerja pemerintah, yang memang menjadi ujung tombak pemerintah dalam melakukan pendekatan pada masyarakat karena PKK memiliki kader hingga ke tingkat jorong.

Sementara itu dalam eksposnya PjsKetua TP PKK Kabupaten Tanahdatar, Ny. Tuti Rahman menyampaikan, meski di masa Pandemi dan segala keterbatasan kondisi, PKK Kabupaten Tanahdatar tetap melanjutkan segala program kerja dan 10 program pokok PKK yang sudah direncanakan, sebagai mitra kerja yang membantu menyukseskan program-program Pemerintah Kabupaten Tanahdatar.

Lebih lanjutnya, menurut Ny. Tuti, hingga November 2020 ini, Kabupaten Tanahdatar telah memiliki 4.472 kelompok dasawisma. Dari jumlah tersebut 621 kelompok dasawisma sudah berada pada tingkat maju, 1.663 masih berkembang, dan 2.188 dasawisma yang masih pada fase tumbuh dan membutuhkan pembinaan. Kelompok dasawisma ini diharapkan dapat terus membangkitkan semangat pemberdayaan dan melakukan kegiatan positif di lingkungan masing-masing.

Menanggapi ekspos Pjs. Ketua TP PKK Kabupaten Tanahdatar, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Daslinar mengapresiasi pencapaian PKK Kabupaten Tanahdatar. Apalagi di masa pandemi, PKK tetap mampu berbuat dan melakukan tugas pokoknya sebagai mitra kerja pemerintah.

“Sebanyak 4.472 kelompok Dasawisma ini bukanlah jumlah yang sedikit. Apalagi sudah ada yang berada pada tingkat maju, yang tentunya bisa memberikan contoh pada kelompok dasawisma yang masih tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Bimtek PKK dilanjutkan dengan pembagian kelompok sesuai dengan Pokja-pokja untuk melakukan evaluasi program kerja, mencari permasalahan dan solusinya untuk program kerja selanjutnya. Acara bimtek ini juga dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanahdatar. (nas)

Next Post

7.292 Pemilih Pemula di Pasaman Belum Rekam KTP-el

Sen Nov 16 , 2020
LUBUKSIKAPING,KP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasamanmenemukan sekitar 7.292 pemilih pemula […]