Dinsos Bantu 1.500 Disabilitas Terdampak Covid-19

PADANG, KP – Pemko Padang melalui Dinas Sosial akan membantu sebanyak 1.500 penyandang disabilitas yang terdampak covid-19. Bantuan tersebut berupa kebutuhan pokok(sembako).

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi, Senin (16/11), mengatakan pihaknya sudah menghimpun jumlah disabilitas yang ada di Padang, yakni sebanyak 3.742 orang.Dari jumlah itu, tidak ada yang positif covid-19 dan ada 1.500 orang yang benar-benar butuh bantuan akibat dampak covid-19. Selain kebutuhan pokok, para disabilitas juga diberikan berupa bimbingan keterampilan seperti menjahit, perbaikan hape, pijat, dan pelatihan lainnya.

Di sisi lain Afriadi menyebut pada tahun 2021 nanti, Dinas Sosial akan melanjutkan program yang tidak dikerjakan tahun ini karena recofusing anggaran untuk penanganan covid-19.Selain itudicanangkan pila program peningkatkan ekonomi para penyandang disabilitas di Padang.

“Prioritas kita tahun depan tetap membantu yang terdampak covid. Selain itu kita juga meningkatkan ekonomi penyandang disabilitas yang munkin selama ini belum begitu terperhatikan. Untuk itu, OPD diharapkan untuk lebih memperhatikan difabel,” katanya.

Menurutnya, sebagai kota inklusif disabilitas, beberapa trotoar di Padang sudah ramah disabilitas.Diantaranya trotoar Pantai Padang, trotoar Jalan Permindo, dan trotoar Jalan Khatib Sulaiman. Ia menyayangkan masih ada masyarakat yang berjualan di trotoar tersebut, seperti di Jalan Permindo.

Lebih lanjut Afriadi mengatakan pihaknya sudah mengajukan proposal bantuan ke Unesco untuk para disabilitas yang terdiri dari 10 item. Bantuan yang diajukan berupakursi roda otomatis, alat dengar, kaki palsu, dan peralatan untuk panti pijat. (ip)

Next Post

DLH Padang Kerahkan 84 Personil Jaga Kebersihan Venue MTQ

Sen Nov 16 , 2020
PADANG, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mengerahkan […]