Dua PAW Anggota DPRD Kota Solok dari Partai Golkar Dilantik

SOLOK, KP – DPRD Kota Solok menggelar rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2019-2024 dari Partai Golongan Karya (Golkar), di ruang sidang paripurna DPRD Kota Solok, Selasa (10/11).

Anggota PAW yang dilantik yakni Hj. Nurnismadan Andi Mariantomenggantikan Yutris Candan Ramadhani Kirana Putra.

“Rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD PAW dari partai Golkar dinyatakan terbuka untuk umum,” ucap Pimpinan sidang DPRD Kota Solok, Bayu Kharisma saat membuka rapat.

Bayu berharap dengan bergabungnya Hj. Nurnisma dan Andi Marianto ke DPRD Kota Solok akan memperkuat pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan secara konstitusional DPRD Kota Solok.

Lebih lanjut dikatakannya, pelantikan ini dilaksanakan karena salah satuPimpinan DPRD Kota Solokmengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kota Solok karena mengikuti Pilkada Tahun 2020, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang bersangkutan harus berhenti menjadi anggota DPRD.

Untuk mengatasi kekosongan tersebut, maka diajukanlah PAW anggota DPRD sebagaimana yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, sejak saat itu dilakukanlah tahapan PAW anggota DPRD Kota Solok dengan usulan yang disampaikan oleh Partai Gokar Solok.

“DPRD hanya berperan menjadi perantara, setelah semua persyaratan yang diminta telah terpenuhi oleh calon PAW, maka pada 9 oktober 2020 berkas disampaikan oleh DPRD Kota Solok kepada Gubernur Sumbar melalui Walikota Solok guna minta Keputusan Pemberhentian dan PAW Anggota DPRD Kota Solok.

Dari usulan yang disampaikan oleh DPRD tersebut,maka keluarlah Keputusan Gubernur Sumbar tentang pemberhentian dan pengangkatan PAW anggota DPRD Kota Solok.

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, setiap kegiatan kedewanan harus dijadwalkan dan ditetapkan melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Solok.

“Atas nama lembaga DPRD Kota Solok saya pimpinan rapat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Yutris Candan Ramadhani Kirana Putrayang telah melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD selama ini. Semoga atas segala pengabdian dan jasa-jasa kepada masyarakat dan Pemko Solok dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT,” pungkasnya. (wan)

Next Post

Generasi Milenial Toboh Tumpangkan Harapan Refrizal-Happy Neldy

Sel Nov 10 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Tak bisa dipungkiri pembangunan suatu bangsa tidak […]