Genjot Pemasaran Produk UMKM Online, Pemkab Pasaman Targetkan Bentuk Kampung Digital

LUBUKSIKAPING, KP – Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman menggelar pelatihan operasional pemasaran secara daring (online) bagi sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setempat. Kegiatan tersebut digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pasaman di Wisma Murni Lubuksikaping, Selasa (17/11).

Kepala Dinas Jhoneri melalui Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pasaman, Yossy Nasution mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keahlian, kreatifitas dan potensi para pelaku UMKM di kabupaten itu dalam memasarkan produk secara online. “Kita ingin mendorong produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal menembus pasar global. Makanya kita bina lewat pelatihan operasional pemasaran secara daring (online) ini,” terangnya.

Harapannya lewat pelatihan itu kata Yossy, agar produk UMKM di Pasaman berkembang pesat dan dikenal masyarakat luas. “Usaha yang digeluti para pelaku UMKM kita hendaknya ke depan semakin serius dan penuh inovasi,” harapnya.

Lewat pelatihan tersebut, pihaknya berencana membuka akses kepada para pelaku UMKM di daerah itu untuk mempromosikan produk-produknya melalui kampung digital. “Lewat pelatihan online marketing dengan PT Telkom dan Tokopedia ini lanjutannya akan kita buat kampung atau nagari digital sebagai inovasi Dinas Koperasi dan UKM,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat lanjut Yossi, pihaknya akan melaunching dua kampung digital di Pasaman. Sebagai pilot project, akan ditunjuk Kecamatan Bonjol untuk wilayah Selatan dan Kecamatan Panti untuk wilayah Utara. “Selatan di Bonjol dan Utara, Panti atau Padanggelugur. Dua lokasi ini akan kita launching sebagai kampung digital, sebagai pilot projectnya. Berbagai infrastruktur termasuk fasilitas internet akan kita siapkan,” tuturnya.

Ia berharap, keberadaan kampung digital tersebut nantinya bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM sebagai pusat promosi berbagai produk UMKM di Kabupaten Pasaman. “Kita ingin setelah selesainya acara ini ada perubahan siginifikan terjadi pada para pelaku UMKM agar lebih baik ke depannya,” tutupnya. (nst)

Next Post

Dua Kepsek di Payakumbuh Masuk Nominasi Penghargaan Apresiasi Hari Guru

Sel Nov 17 , 2020
PAYAKUMBUH, KP – Dua Kepala Sekolah di Payakumbuh disurati oleh Kementerian […]