IKUTI LOMBA TINGKAT SUMBAR, KAN Nagari Aia Manggih Presentasikan Perannya Bentuk Masyarakat Agamis

LUBUKSIKAPING, KP – Tim penilaian lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Sumatra Barat nilai KAN Nagari Aia Manggih Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, Rabu (18/11) sore. Tim penilai KAN terbaik Sumbar itu diketuai Akrar dari Dinas PMD Sumbar, Puti Reno Rauda Thaib. MS dari unsur Bundo Kanduang, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo dari Tim konsolidasi Adat Sumbar, Yul Rizal Baharin dari Pamong senior, Akmal dari studi Masyarakat Hukum Adat UNP, dan Azharnuri Dt. Rajo Nan Putiah dari Bakor KAN Sumbar.

Rombongan disambut Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis diwakili Staf Ahli Bupati Yasri Uripsyah. Turur hadir Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Sekretaris Dinas Perdayaan Masyarakat Pasaman Alim Bazar, Camat Lubuksikaping Nina Darmayanti, Ketua LKAAM Kabupaten Pasaman Afridal Dt Bosa. Wali Nagari Aia Manggih Abdi Yusran, Pj Nagari Persiapan Aia Manggih Selatan Amrizal, Ketua KAN Aia Manggih Yoharman beserta anggota, Ketua KAN se Kecamatan Lubuksikaping, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang serta undangan lain.

Pada kesempatan itu Staf Ahli Bupati Yasri Uripsyah menyampaikan selamat datang kepada rombongan tim penilai KAN terbaik tingkat Sumbar tahun 2020 di Ranah Pasaman Saiyo, tepatnya di Nagari Aia Manggih Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman. “Selamat datang kami sampaikan kepada ketua Tim beserta rombongan di Nagari Aia Manggih. Kehadiran tim pada hari ini adalah suatu kebanggaan bagi kami dalam rangka penilaian KAN terbaik tingkat Sumbar 2020,” ujarnya.

Yasri mengatakan, selaras dengan visi Pemerintah Kabupaten Pasaman yakni terwujudnya masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya, KAN harus tetap dijaga dan ditingkatkan peranannya sebagai institusi yang mampu memotifasi dan mendinamisasikan gerak dari segala aspek kehidupan masyarakat. Dia menyebutkan, lembaga adat sudah terbentuk sejak Indonesia merdeka dan telah mengalami beberapa kali perubahan mulai dari Limbago Adat, Lembaga Adat Nagari dan Kerapatan Adat Nagari.

“KAN merupakan lembaga yang mempunyai peran penting dalam pembangunan nagari dengan melibatkan masyarakat banyak dengan tradisi gotong royong dengan semboyan, ‘barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang, tatilantang samo minum ambun, tatungkuik samo makan tanah, saciok bak ayam, sadanciang bak basi,” ucapnya.

Selain itu kata dia, KAN tidak hanya berperan dalam pembangunan, tetapi dalam tatanan kehidupan masyarakat di nagari seperti penyelesaian sengketa ‘sako jo pusako, dalam acara resepsi nikah kawin, bahkan pada saat masyarakat berduka seperti kematian pun peran niniak mamak sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan keadaan pandemi Covid-19, yang perlu dukungan secara moril kepada masyarakatnya agar tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga diri sendiri dan keluarga. “Untuk itu, mari kita memberdayakan KAN di Pasaman, karena KAN adalah wadah yang kuat peranannya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Pasaman,” pintanya.

Sekaitan dengan penilaian, Yasri Uripsyah juga berharap kepada jajaran KAN Nagari Aia Manggih untuk menyajikan data dan informasi yang lengkap kepada tim penilaian nantinya.

Sementara itu Tim Konsolidasi Adat Sumbar, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo mewakili Ketua Tim penilaian Provinsi Sumbar pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada bupati dan undangan lainnya yang telah menyambut kedatangan rombongan provinsi dengan sangat meriah. “Kedatangan tim dan rombongan ke Nagari Aia Manggih ini selain melakukan penilaian kepada KAN, juga dalam rangka pembinaan dan pengembangan pokok pikiran untuk balik ke nagari dan beradat,” sebutnya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya sekedar penilaian untuk lomba saja, itu kepentingan bersama, tidak hanya menilai tetapi bentuk penguatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan kelembagaan adat serta motivasi bagi pemangku adat dalam melaksanakan tugasnya. Yulizal mengatakan, dalam pelaksanaan penilaian itu ada empat aspek yang akan dinilai oleh tim, yakni melalui diskusi dan tanya jawab. “Adapun empat aspek yang akan kita nilai di KAN Nagari Aia Manghih ini, meliputi aspek kelembagaan, penyelenggaraan adat, aspek kompetensi dan aspek kerja sama antar lembaga,” ucapnya.
Sambil berseloroh ia menambahkan, jika keempat aspek itu dilaksanakan dengan baik, insyaallah KAN Nagari Aia Manggih bisa meraih juara I di tingkat Sumbar nantinya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kegiatan penilaian KAN terbaik tingkat Sumbar Tahun 2020 dilanjutkan dengan paparan dan ekspos dari Ketua KAN Nagari Aia Manggih, Yoharman di hadapan tim penilai. Kemudian dilanjutkan diskusi dengan masing-masing kelompok ninik mamak mewakili empat aspek yang dinilai.

Terpisah, Wali Nagari Aia Manggih, Abdi Yusran mengatakan, , KAN memang sangat berperan nyata dalam pembangunan Nagari Aia Manggih. “Dalam merumuskan pembangunan nagari kami melibatkan berbagai unsur di Nagari termasuk KAN, karena tanpa persetujuan KAN pembangunan nagari tidak dapat terlaksana. Alhamdulillah, hubungan KAN dengan Pemerintahan Nagari dan unsur lainnya di Nagari ini berjalan baik,” katanya. (nst)

Next Post

Pansus 3 DPRD Kampar Kunker ke Padangpariaman

Kam Nov 19 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Panitia khusus (Pansus) komisi III DPRD Kabupaten Kampar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Padangpariaman, Rabu (18/11). Kunjungan tersebut dalam rangka berbagi informasi terkait Peraturan Daerah tentang pernyataan modal Pemerintah Daerah kepada pihak ketiga dan BUMD. “Kami berkunjung ke Padangpariaman untuk berbagi informasi terkait Peraturan Daerah tentang pernyataan […]