Isu Tentang Gempa Besar

SELAIN pilkada, salah satu informasi yang ramai diperbincangkan Masyarakat Sumbar beberapa hari belakangan adalah tentang perkiraan gempa besar di zona megathrust Mentawai yang dapat menimbulkan tsunami hingga mencapai ketinggian 10 meter. Informasi itu awalnya diungkap oleh BPBD Sumbar berdasarkan analisa ahli dan pakar kegempaan.
Informasi ini rupanya jadi perhatian khusus oleh DPRD Sumbar. Seperti diberitakan KORAN PADANG edisi Sabtu (21/11), DPRD Sumbar akan mengadakan pertemuan dengan BPPD dan akademisi perguruan tinggi untuk membahas tentang isu potensi gempa dan tsunami tersebut. Respon DPRD Sumbar ini jelas sangat baik sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana. Apalagi, kewaspadaan dan kesiapsiagaan akan hal ini sangat penting. Sebab, kapan waktu terjadinya gempa besar itutak seorangpun bisa memastikannya. Lain dengan bencana lainnya, seperti banjir. Kalau sudah berat ‘awan hitam’ menggelantung di udaraboleh jadi hujan akan deras yang bisa menimbulkan banjir. Apalagi jika air di sungai sudah keruh, mengalir deras, dan kayu-kayuan tampak hanyut. Bisa jadi banjir bandang akan datang.
Bagaimanapun, janganlah sampai terjadi bencana dan musibah melanda negeri ini. Kekuatan yang kita miliki hanya berdoa pada Allah SWT. Selagi umat beriman dan bertakwa selalu berdoa dengan khusyu’, Insya Allah negeri ini terjauh dari segala bencana. Kalau perlu kita semua umat beriman dan bertakwa yang ada di negeri ini berdoa pada waktu ditentukan, semoga kita selamat dari segala bencana. Mari sama-sama kita arifi. *

Next Post

HASIL SURVEI VOXPOL, Pemilih Rasional di Pilkada Sumbar Mencapai 46,5 persen

Ming Nov 22 , 2020
PADANG, KP – Survei yang dilakukan Voxpol Center Research and […]