JELANG HARI PENCOBLOSAN, 178 PTPS Pariaman Jalani Rapid Test

PARIAMAN, KP – Sebanyak 178 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Pariaman mengikuti tes cepat atau ‘rapid test’ guna menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumbar 2020

“Rapid test bertujuan untuk memastikan PTPS bebas dari Covid-19 serta menghindari penyelenggara dan pemilih terjangkit dari virus corona,” sebut Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan di Pariaman, kemarin.   

Disampaikan, dari 178 orang PTPS, 171 orang telah menjalani rapid test, kemudian 7 orang lagi berhalangan hadir. Sedangkan untuk hasilnya beberapa diantara yang telah dirapid ada beberapa orang yang reaktif,” ujar Riswan melalui sambungan telepon.

Lanjutnya, untuk yang reaktif hasilnya telah dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Sumbar, dan akan dilakukan pemeriksaan tahap dua. Sedangkan yang belum rapid, akan dilakukan besok (hari-ini), Sabtu (28/11).

Ia menyampaikan, pelaksanaan tersebut juga sebagai upaya untuk melindungi anggotanya serta pemilih di TPS dari Covid-19. “Tiga hari menjelang hari pemilihan semua PTPS harus sehat atau bebas dari Covid-19,” katanya.

Tugas dari PTPS tersebut yaitu mengawasi pelaksanaan dihari pemilihan dan penghitungan suara serta penerapan protokol kesehatan di TPS.

Meskipun pengawas TPS tersebut bertugas mengawasi pelaksanaan pemilihan, namun jajaran Bawaslu itu juga ikut mengawasi pelaksanaan kampanye.

Pihaknya menyampaikan, beberapa bulan lalu Bawaslu Pariaman juga melaksanakan tes cepat untuk pengawas kelurahan dan desa yang tujuannya memastikan kesehatan personelnya dalam mengawasi proses pemilihan kepala daerah.

“Kita juga melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan setempat, jikaada yang sifatnya urgen terkait rapid test ini maka akan langsung direkomendasikan ke sana,” tutupnya. (war)

Next Post

Bank Nagari Sumbar Luncurkan Layanan Lapau Nagari

Jum Nov 27 , 2020
PADANG, KP – Bank Nagari kini hadir dengan layanan terbarunya yaitu Lapau Nagari singkatan dari Laku Pandai untuk Nagari yang merupakan layanan jasa perbankan dan jasa keuangan tanpa kantor fisik. “Melalui Lapau Nagari masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan dan jasa keuangan lainnya tanpa perlu datang ke kantor Bank Nagari,” […]