Jelang Pernikahan, Catin Wajib Ikut Bimwin

BATUSANGKAR, KP – Ka Kankemenag Kabupaten Tanahdatar, H. Syahrul mengatakan, setiap calon pasangan pengantin yang akan melaksanakan pernikahan diwajibkan terlebih dahulu untuk mengikuti Bimbingan Perkawinan (Bimwin) yang dilaksanakan Kementerian Agama kabupaten/ kota di Indonesia.

Hal itu disampaikan Ka Kankemenag Tanahdatar, H. Syahrul didampingi Kasi Bimas Islam H. Alinardius ketika membuka secara resmi Bimbingan Perkawinan (bimwin) Pra Nikah bagi Calon Pengantin Angkatan VII Kabupaten Tanahdatar Tahun 2020 di aula Kantor Kemenag Tanahdatar, Senin (9/21).

Jika pasangan catin tersebut sudah memiliki sertifikat telah mengikuti Bimwin yang dilaksanakan Kemenag Kabupaten/Kota tersebut, maka pasangan catin itu sudah dapat dilangsungkan acara pernikahannya.

Syahrul mengingatkan kepada catin yang mengikuti Bimwin itu agar setelah menikah nanti dapat menjalin silaturahmi, saling haga menghargai antara suami dan istri.

Ka Kankemenag mengingatkan kepada peserta Bimwin jika dalam keluarga nanti tidak lagi ada kecocokan antara suami dengan isteri, janganlah terlalu cepat untuk menjatuhkan talak kepada isteri apa lagi talak tiga, tapi pikirkan dulu secara matang dan berusahalah untuk memperbaiki hubungan keluarga itu agar lebih baik kedepannya.

Ia juga mengingatkan agar pasangan suami isteri jangan lupa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai umat Islam menunaikan ibadah salat lima waktu sehari semalam. Semoga menjadi Keluarga Yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Kemudian selalu menjadi teladan di tengah masyarakat.

Menurut laporan Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Tanahdatar, H. Alinardius selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, kegiatan Bimwin tersebut diikuti sebanyak 15 pasang Catin (30  orang) berlangsung selama dua hari (9 dan 10 November 2020).

Sedangkan nara sumber yang akan menyampaikan materi selama berlangsungnya bimwin Perkawinan tersebut ada empat orang narasumber.

Dengan dilaksanakan Bimwin angkatan ke-VII tersebut, berarti sudah 140 pasang catin (280) orang yang telah diberikan bimbingan, termasuk 35 pasang catin (70 orang) catin dari KUA Kecamatan se-Kab. Tanahdatar. 

Bimwin bagi para Catin pada tahun ini masih ada 4 angkatan lagi atau 60 pasang catin yang akan dilaksanakan yakni Angkatan VIII sampai XI, masing masing angkatan 15 pasang (30) orang catin. (mas)

Next Post

Babinsa Goro Bersama Warga Bangun Pondasi Jalan

Sen Nov 9 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Serda Erry membantu warga memasang pondasi jalan dari pemukiman warga dari Korong Subarang ke Padang Nagari Padang Kandang Pulau Air, Kabupaten Padangpariaman, Senin (9/11). Serda Erry mengatakan, jalan di Kampung Korong Subarang Padang itu di pondasi sepanjang 450 meter dan Lebar 4 meter.”Kegiatan […]