Jika Bencana Datang, Dinsos Padang Pastikan Stok Bantuan Tersedia

PADANG,KP – Jika bencana datang, stok bantuan bagi warga telah tersedia di Dinas Sosial Kota Padang. Hal itu terungkap usai kunjungan Komisi IV DPRD Kota Padang ke gudang Dinas Sosial Padang, baru-baru ini.Gudang bantuan itu berada di Kelurahan Rimbo Tarok, Kecamatan Kuranji.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry mengatakan, kunjungan kali ini dalam memastikan apakah ada bantuan untuk warga yang terdampak jika memang musibah datang. Bantuan itu berupaapa dan berapa stoknya.

“Kita ingin memastikan apakah benar disimpan didalam gudang. Pada rapat kemarin Dinsos sebut ada. Itu makanya kita turun,” ujar kader Demokrat ini.

Ia mempertanyakan bagaimana prosedur pendistribusiannya pada warga dan syarat penerimanya siapa saja. Jangan sampai bencana datang, namun yang menerima bantuan beda personnya. Itu tak imbang.

“Kita menginginkan bencana tidak datang. Namun jika Allah SWT berkehendak, tentu pemko harus memperhatikan rakyatnya. Agar tak terlantar mereka dan kesusahan tak dialami berkepanjangan,” harapnya.

Di tempat yang sama Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani membenarkan hal itu serta meminta kepada OPD yang ada untuk saling koordinasi dalam menghadapi bencana yang akan datang. Agar sinergisitas terlihat dan kerja yang dilaksanakan nampak hasilnya.”OPD jangan bergerak sendiri-sendiri dan mesti komunikasi antar sesama,” ujar kader Gerindra ini.

Ia mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan tidak panik dalam menghadapi bencana.

“Kita juga mengingatkan masyarakat jangan terpancing isu yang tidak benar dan tetap komunikasi dengan semua pihak terkait tindakan yang akan diambil,” ucap Syafrial Kani yang juga Koordinator Komisi IV DPRD Padang ini.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi mengatakan untuk stok bantuan digudang Dinsos yang tersedia antara lain terpal, dan tenda. Sedangkan sembako berupa Beras 1 Ton, Gula 100 kg, Kopi, Minyak Goreng, Sarden, Indomie, Telur, Roti, Pakaian dan lain sebagainya.”Stok cukup banyak dan bantuan yang akan tiba juga ada bila bencana datang,” ujarnya.

Untuk penyalurannya lanjut Afriadi melalui Lurah masing-masing dan Dinsos akan mendrop ke lokasi. Penerimanya nanti, RW dan RT yang akan mendata. Barulah diberikan ke warga.

Ia mengimbau kepada warga, agar tetap waspada dan jangan panik dalam menghadapi bencana. Tetap koordinasi dengan semua pihak. Supaya kecalakaan tak dialami dan kerugian tak banyak.(bim)

Next Post

Tiga Rumah di Sungai Limau Tertimpa Longsor

Kam Nov 26 , 2020
PADANGPARIAMAN, KP – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian […]