Ka Kankemenag Tanahdatar Kunjungi Dua Ponpes

BATUSANGKAR, KP – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar, H. Syahrul didampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Masnefi, meninjau dua Pondok Pesantren di Kabupaten Tanahdatar, Kamis (26/11). Kedua ponpes yang dikunjungi Kemenag itu, masing-masingnya Ponpes Thawalib Tanjung Limau Kecamatan Pariangan dengan sistem khalafi dan Ponpes Darul Ulum Kecamatan Rambatan dengan sistem syalafi.

Di samping itu, masing-masing ponpes tersebut tahun ini memperoleh bantuan pembangunan Balai Latihan Komunitas (BLK) dari dua anggota DPR RI Komisi IX. Bantuan dari kedua anggota DPR RI itu, pertama dari Darul Siska (Golkar) anggota DPR RI Komisi IX sebesar Rp 800 juta untuk pembangunan BLK Ponpes Thawalib Tanjung Limau Kecamatan Pariangan. Dan kedua dari Syuir Syam (Gerindra) anggota DPR RI Komisi IX untuk Pembangunan BLK Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek, Kecamatan Rambatan. Kedua gedung BLK Ponpes Thawalib tersebut dibangun di atas tanah seluas 238 M2 (17 M x 14 M).

Kepala Kemenag Kabupaten Tanahdatar, H. Syahrul dalam arahannya di hadapan guru Ponpes Thawalib Tanjung Limau merasa salut dan bangga karena pimpinan Ponpes itu telah meraih gelar Doktor, yakni Thomas Febria. Dikatakannya, dalam situasi Pandemi Covid-19, para guru dan pimpinan Ponpes Thawalib Tanjung Limau jangan pasrah dan menyerah dalam memberikan semangat kepada siswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berikanlah mereka motivasi dan kiat-kiat untuk tetap semangat belajar.

Ka Kankemenag menyarankan kepada pimpinan Ponpes agar menerapkan Protokol Kesehatan/Covid-19 dengan menjalani 3 M ( Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak ) dan Membaca Do’a/ Berzikir. Pihaknya meminta agar pimpinan Ponpes dan para guru tetap merajut silaturahmi, menjaga kekompakan dan menjadikan Ponpes Thawalib Tanjung Limau sebagai kedamaian.

Sementara Kepala Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau, Yonnedi. M menjelaskan jumlah siswanya tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 295 orang. Terdiri dari siswa tingkat MTS sebanyak 210 orang dan siswa tingkat MA sebanyak 85 orang. Sistem pendidikan yang dipakai ialah Khalafia. Sedangkan jumlah siswa Ponpes Darul Ulum Padang Magek Kec. Rambatan sebanyak 198 orang dengan sistem pendidikan yang dipakainya Syalafia. Dalam kesempatan tersebut, ikut memberikan sambutan Kasi PD. Pontren Kantor Kemenag Tanahdatar, H. Masnefi. (yon)

Next Post

Pokdarwis Ujung Ladang Akan Kembangkan Pesona Wisata Danau Tuo

Kam Nov 26 , 2020
SOLOK, KP – Guna mendukung usaha pengembangan sektor pariwisata lokal, Pemuda Jorong Ujuang Ladang Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pembentukan Pokdarwis tersebut bertujuan untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan dunia kepariwisataan di Koto Sani dan Kabupaten Solok. Terutama pengembangan pariwisata […]