Kapolres Bukittinggi Pimpin Sertijab Kasat Binmas dan Kapolsek Tilatang Kamang

BUKITTINGGI, KP – Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Kasat Binmas Polres Bukittinggi dan jabatan Kapolsek Tilatang Kamang di halaman Polres Bukittinggi, Kamis (12/11).

Adapun pejabat yang melakukan Sertijab tersebut, yakni Kasat Binmas AKP Reddy Triananto (Jabatan baru Kabag Ops Polres Kepulauan Mentawai) kepada AKP Purwito (Jabatan sebelumnya Kasubbag Dalgar Bag Ren Polres Padangpanjang). Dan jabatan Kapolsek Tilatang Kamang dari AKP Lirman (Jabatan baru Kasubbag Pers Bag Sumda Polres Bukittinggi) kepada Iptu Rommy Hendra Kurniawan (Jabatan lama KBO Sat Lantas Polres Bukittinggi).

Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara menyampaikan, proses mutasi di lingkungan Polri merupakan hal biasa untuk kepentingan regenerasi serta penyegaran organisasi Polri dan merupakan suatu proses manajemen yang mengandung arti strategis. Ditinjau dari dinamika organisasi dalam mengantisipasi perkembangan tantangan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks dan memastikan berlakunya sistem pembinaan manejemen personel Polri guna mendapatkan figur yang me miliki kompetensi sebagaimana yang diharapkan.

Dikatakannya, jabatan merupakan amanah yang dititipkan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sekaligus sebagai bentuk pengabdian serta ibadah. Di samping itu Kapolres menyampaikan, Sat Binmas bertugas melaksanakan pembinaan dan pengembangan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa dalam rangka peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan perundang-undangan. Pengembangan peran serta masyarakat dalam pembinaan keamanan, ketertiban, dan perwujudan kerjasama Polres dengan masyarakat.

“Kemudian pembinaan di bidang ketertiban masyarakat terhadap komponen masyarakat antara lain remaja, pemuda, wanita dan anak. Pembinaan teknis, pengkoordinasian dan pengawasan Polsus serta Satuan Pengamanan (Satpam) dan pemberdayaan kegiatan Polmas meliputi pengembangan kemitraan dan kerjasama antara Polres dengan masyarakat, organisasi, lembaga, instansi dan atau tokoh masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Kapolsek jelasnya, bertugas memimpin, membina, mengawasi, mengatur dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan Polsek dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan markas dan memberikan saran pertimbangan kepada Kapolres terkait pelaksanaan tugas. 

Pada kesempatan itu, Kapolres kepada pejabat lama Reddy Triananto dan Lirman, atas nama pimpinan dan keluarga besar Polres Bukittinggi mengucapkan terimakasih atas kerjasama, dedikasi dan pengabdiannya selama menjabat Kasat Binmas, dan Kapolsek Tilatang Kamang. “Selamat bertugas atas jabatannya di tempat baru. Kepada pejabat baru Dwi Purwito dan Rommy Hendra Korniawan, diucapkan selamat atas amanah jabatan yang diperca yakan dan segera melaksanakan apa yang menjadi tupoksinya,” tukasnya. (oki)

Next Post

DELAPAN ATLET DILEPAS IKUTI TRYOUT DI SEMARANG, PASI Targetkan Dua Emas di PON Papua

Kam Nov 12 , 2020
PADANG, KP – Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful didampingi Ketua […]