Kelola Sampah, Kelurahan Rawang Maksimalkan TPS3R

PADANG, KP – Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, saat ini sudah memiliki Tempat Pengelolaan Sampah dengan menggunakan sistim Reduce, Reuse dan Recycle atau yang dikenal dengan TPS3R. Keberadaan TPS3R di Kelurahan Rawang ini diharapkan dapat dimanfaatkan warga secara maksimal dalam mengatasi permasalahan sampah di wilayah tersebut.
Lurah Rawang Andi Amirmengapresiasikeberadaan TPS3R tersebut. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi kegiatan operasi TPS3R, Rabu lalu (18/11). Pemerintah Kelurahan Rawang berharap dengan beroperasionalnya TPS3R ini, hendaknya dapat mengubah sampah menjadi material yang tidak berbahaya bagi lingkungan hdup serta memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.
“Untuk tahap awal, kita jadikan RW 13 Kelurahan Rawang sebagai kawasan percontohan operasional TPS3R,” ujar Andi.
Dalam operasionalnya nanti, menurut Andi, penanganan sampah rumah tangga warga dilakukan oleh petugas yang ditunjuk oleh pengelola TPS3R. Melalui program tersebut, warga di RW 13 ini akan mampu mengelola sampah sendiri hingga tidak sampai mengirim ke tempat TPS.
“Nantinya sampah rumah tangga tersebut akan dipilah berdasarkan jenisnya, sampah organik akan diolah menjadi kompos, sedangkan sampah non organik alan dimanfaatkan dengan dibuat menjadi aneka produk kerajinan,” ulasnya.
Keberadaan TPS3R ini diharapkan nantinya mampu mengendalikan pencemaran dan kerusakan lingkungan serta membantu pemerintah dalam menanggulangi masalah sampah. Untuk mendukung TPS3R ini, pihak kelurahan akan membentuk kader kebersihan bekerjasama dengan PK3 DLH yang bertugas memberi pemahaman untuk memilah sampah organik dan non organik.
“Jadi upaya pengurangan sampah kita mulai dari dapur kita masing-masing, dengan upaya ini kita juga ingin menciptakan peluang ekonomi baru bagi warga khususnya di masa pandemi Covid 19,” pungkasnya. (ip)

Next Post

Puskesmas Padang Pasir Lakukan Penyegaran Kader Posyandu

Kam Nov 19 , 2020
PADANG, KP – Puskemas Padang Pasir menggelar penyegaran bagi 250 orangkader Posyandudi Taman Cimpago, Rabu lalu (18/11). Ke-260 orang kader tersebut berasal dari 10 kelurahandilingkungan Kecamatan Padang Barat.Kepala Puskesmas Padang Pasir Winanda menjelaskan, pelaksanaan penyegaran kader Posyandu tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci […]