KEMENANGAN SI LEHER BETON ‘DIRAMPAS’, Duel Tyson vs Jones Berakhir Imbang

LOS ANGELES, KP – Mike Tyson gagal menumbangkan Roy Jones Jr. Meski mendominasi pertarungan sepanjang delapan ronde, namun ‘Si Leher Beton’ harus puas kalau hasil imbang menjadi akhir dalam duel eksebisi penggalangan dana tersebut.

Pada pertarungan yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, Minggu siang (29/11), secara meyakinkan Tyson berhasil memperdaya Jones. Sepanjang pertarungan delapan ronde, Tyson berhasil mendominasi perolehan poin.

Begitu ronde pertama dibunyikan, Tyson seperti laga-laga sebelumnyalangsung tampil agresif bagai banteng terluka. Ia terus merangsek Jones. Namun, kegesitan Jones membuatnya mampu menghindar dari serangan awal Tyson.

Pemandangan yang sama terjadi di ronde kedua. Tyson yang masih mengandalkan hook kiri berhasil membongkar pertahanan Jones. Beruntung Jones mampu merangkulnya hingga gebrakan Tyson bisa dicegah.

Meski keduanya masih mampu memperlihatkan pukulan kerasnya, faktor usia tak bisa mereka sembunyikan. Nafas mereka terdengar terengah-engah dan sangat kentara saat mereka rehat di sela-sela ronde.

Sampai ronde ketiga, Tyson masih unggul dari perolehan angka. Selanjutnya Tyson terus memburu angka dengan mendesak Jones.

Di ronde kelima, Tyson berhasil membuat Jones kewalahan. Meluncurkan kombinasi pukulan Tyson masuk ke bagian perut Jones. Beruntung bel berbunyi hingga menyelematkan Jones.

Pemandangan menarik terjadi di ronde ketujuh. Jones yang sebelumnya terlihat lebih banyak menunggu serangan, langsung memperlihatkan aksi menawannya. Kecepatan pukulan dan gerakan kakinya yang dulu menjadi andalan untuk melumpuhkan semua lawan dipertontonkan. Tapi, lagi-lagi faktor usia menjadi kendala setelah atraksi tersebut tak berlangsung lama.

Sampai laga berakhir di ronde kedelapan, tak banyak kejutan. Tak ada pemenang dalam duel tersebut setelah tiga juri menyimpulkan hasil imbang untuk duel tersebut. Legendaris tinju wanita Christy Martin memberi skor 79-73 untuk Tyson (50-6, 44 KO). Mantan pemenang dua divisi Vinny Pazienza mencatat 80-77 untuk Jones Jr (66-9, 47 KO). Sedangkan mantan juara kelas berat ringan Chad Dawson memberi skor imbang 76-76.

TYSON SEHARUSNYA MENANG

Hasil imbang itu dinilai tidak adil karena Tyson lebih mendominasi sepanjang pertarungan. Bahkan, statistik membuktikan ‘si Leher Beton’ unggul banyak atas Jones Jr. Hasil pertarungan pun menjadi perbedatan di media sosial twitter. Beberapa orang menilai Tyson layak memenangkan pertarungan karena lebih agresif ketimbang Jones Jr sejak ronde pertama.

Tyson bahkan tampak akan memenangkan pertarungan sebelum ronde kedelapan. Akan tetapi, kedua petinju dapat bertahan sampai akhir sehingga pertarungan pun diputuskan imbang oleh para juri. Keputusan imbang itu menimbulkan polemik sekarang.

Perdebatan tentang kemenangan Tyson direbut mungkin akan berlangsung cukup lama. Akan tetapi, selain hasil, para penggemar layak memberikan apresiasi kepada Tyson dan Jones Jr atas perjuangan mereka. Baik Tyson maupun Jones Jr, sudah berjuang keras untuk mempersiapkan diri demi pertarungan ekshibisi ini.

Latihan berat dilakukan mereka meski sudah berumur lebih dari 50 tahun (Tyson berumur 54 tahun, sedangkan Jones Jr lebih muda tiga tahun). Inti dari pertarungan ini bukan kemenangna, melainkan kembalinya dua legenda tinju dunia.

Meski begitu, The Iron Mike –julukan Tyson– menerima hasil imbang tersebut dengan lapang dada. Tyson bahkan senang tampil dalam pertarungan ekshibisi seperti ini. Dia mau melakukan pertarungan ekshibisi lagi di masa depan.

“Kadang-kadang dua menit itu terasa seperti tiga menit. Saya hanya senang saya melakukan ini dalam karier saya dan saya akan terus melangkah lebih jauh untuk melakukan lebih banyak (pertarungan ekshibisi), tentu saja,” kata Tyson.

Jones Jr pun mengungkapkan hal serupa Tyson. Pria berumur 51 tahun itu tertarik untuk bertarung lagi, baik dengan Tyson maupun legenda tinju lainnya. “Kita harus melakukan ini lagi,” kata Jones Jr.

Selain itu, Jones Jr juga memuji kekuatan pukulan Tyson. Menurutnya, pukulan Tyson sangat kuat sehingga sulit untuk menerimanya. Jones Jr pun penasaran dengan reaksi keluarganya melihat dia dipukul oleh The Iron Mike.

“Semua orang mencintai Mike (Tyson), saya juga mencintai Mike. Akan tetapi, sulit untuk menerima pukulan dari Mike. Jadi, saya akan berbicara dengan keluarga saya, melihat bagaimana perasaan mereka tentang hal itu,” ujarnya. (ozc)

Next Post

URANG SIAK BUYA SIHAR: Masyarakat Pessel Jangan Mau Disogok Pilih Selain Nasrul Abit

Ming Nov 29 , 2020
PESSEL, KP – ‘Urang siak’ Kecamatan Linggo Sari Baganti, Buya […]