Kepala BBPOM Padang Rekomendasikan Sentra IKM Randang Payakumbuh Sebagai Tempat Studi Banding

PAYAKUMBUH, KP –  Walikota Payakumbuh Riza Falepi, bertemu dengan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang di Kawasan Pasar Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Jumat (6/11).

Kedatangan Kepala BBPOM Padang Firdaus Kumar didampingi Kabag Tata Usaha BBPOM Padang Elynaida, Kepala Loka BPOM Payakumbuh Iswandi dan jajarannya itu disambut Wako Riza bersama Asisten II Setdako Elzadaswarman, Kadis Kesehatan dr. Bakhrizal, Kadis Koperasi dan UKM Dahler, Kadis LH Dafrul Pasi, Kadisnakerin Wal Asri, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Yasril dan Kabid Pasar, Arnel.

Selain untuk bersilaturahmi dengan Kepala BBPOM yang baru bertugas di Ibukota Sumbar itu, Wako Riza menjelaskan kalau Pemko Payakumbuh telah menyediakan lahan seluas 4125 m² untuk pembangunan kantor Loka POM Payakumbuh, agar mereka dapat memiliki kantor yang representatif. Karena saat ini masih menumpang di bekas gedung Unand Payakumbuh dekat Simpang Benteng, Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo.

“Kerjasama kita dengan BPOM sudah baik, selain itu di Mal Pelayanan Publik (MPP) konter pelayanannya juga sudah ada, maka kalau Kantor Loka POM juga dibangun di sini, akan berdampingan dengan gedung kantor dinas milik Pemko, seperti kantor BPBD, Dinas Pendidikan, Satpol PP dan Damkar, serta Sentra IKM Randang. Kita ingin ada peningkatan aktifitas ekonomi di kawasan Padang Kaduduak ini,” sebutnya.

Sementara Firdaus yang sebelumnya berdinas di Balai POM Kendari, Sulawesi Tenggara itu juga diajak ke Sentra IKM Randang. Dijelaskan Kadisnakerin Wal Asri, Randang Payakumbuh juga sudah memiliki sertifikat ISO 22000 dan membuatnya menjadi satu-satunya sentra rendang yang sudah memiliki kelengkapan sertifikasi olahan pangan.

“Loka POM yang berkantor di Kota Payakumbuh meliputi wilayah kerja di Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Agam. Dengan adanya kantor representatif ini nanti kita tentu dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi dan bergandengan dengan Pemko Payakumbuh. Istilahnya, saya sekarang pulang kampung lagi ke Sumbar, karena pindah wilayah tugas,” kata Firdaus yang merupakan orang Minang juga.

Setelah melihat Sentra IKM Randang, Firdaus menyampaikan apresiasi dan kagum dengan pengelolaan yang dilakukan Pemko Payakumbuh. “Sentra IKM Randang menjadi tempat yang kami rekomendasikan bagi IKM lain bila ingin studi banding, hebat,” pungkasnya saat diwawancara. (dst)

Next Post

Yayasan Syekh Zaldi At Thahiry dan Ponpes Raudhatul Ulun Sirukam Diresmikan

Jum Nov 6 , 2020
SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, Kamis (5/11), meresmikan Yayasan Syekh Zaldi At Thahiry dan Ponpes Raudhatul Ulun, Jorong Koto Tingga, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok. Tampak hadir pada acara tersebut Pimpinan Yayasan Tengku Zaldi beserta jajaran pengurus, Camat Payung Sekaki Irwan Efendi, Walinagari Sirukam dan lainnya. […]