Kota Solok Siapkan SDM Pemandu Wisata Terampil

SOLOK,KP – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Solok, Asben Hendri mengatakan, industri wisata, kemampuan berbahasa adalah hal penting, dengan keterampilan bahasa internasional, dapat menjadi nilai dalam industri wisata dalam menggaet pengunjung mancanegara.
“Pemandu wisata merupakan ujung tombak, dalam memperkenalkan wisata yang ada di Kota Solok. Untuk pemandu wisata ekowisata perlu dilatih agar memiliki skil tersebut,” sebutnya ketika membuka pelatihan pemandu wisata ekowisata di Aula Taufina Hotel, Selasa(17/11).
Pjs Wako juga mengatakan, pemanfaatan media sosial dan teknologi juga poin penting dalam pelatihan tersebut, dalam mempromosikan wisata daerah.
“Saya berharap komunikasi yang baik adalah modal dalam memajukan industri pariwisata yang ada di Kota Solok, serta keterampilan dalam mengunakan teknologi,” kata Asben.
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvy Basri mengatakan, Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata iniadalah upaya pemerintah daerah untuk mengembalikan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19.
Diharapkan melalui pelatihan yang berlangsung dari 19 hingga 21 November 2020 ini, nantinya akan tercipta SDM yang mampu menjadi pandu wisata di Kota Solok, yang mampu menjalankan industri wisata Kota Solok dari keterpurukan pada masa pandemi Covid-19.
“Wisata tidak hanya lokasi tapi juga budaya, harapan kedepan calon pemandu wisata ini juga mampu menyampaikan dan menginformasikan budaya urang Solok kepada wisatawan yang datang ke Kota Solok,”tambahnya. (van)

Next Post

Azwar Siry : Sekolah di Padang Belum Siap Belajar Tatap Muka

Sel Nov 17 , 2020
PADANG,KP -Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry menyatakan saat ini sekolah belum bisa melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka seperti yang dilakukan daerah lain. Hal ini dikarenakan masyarakat belum mentaati protokol kesehatan dengan benar. “Saat ini kepatuhan masyarakat masyarakat menjadi kendala utamanya. Disaat pemerintah dengan gencar mewajibkan penerapan […]