KPU Bukittinggi Terima 81.719 Surat Suara Untuk Pilkada 2020

BUKITTINGGI, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi sudah menerima 81.719 surat suara untuk Pilkada serentak 2020. Saat ini tengah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura menyebutkan, jumlah surat suara yang diterima sebanyak 81.719 lembar itu sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bukittinggi yang berjumlah 77.646 pemilih dan ditambah 2,5 persen untuk surat suara pemilihan ulang. “Saat ini tengah dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara tersebut,” ungkapnya.

Untuk penyortiran dan pelipatan itu kata dia, diawali dengan membuka surat suara dari koli yang dipacking dalam kardus oleh ketua KPU Bukittinggi, dan disaksikan Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Haryadi, dan Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kompol Partahian Pane. Kemudian surat suara itu diserahkan Ketua KPU Bukittinggi kepada Sekretariat untuk dilakukan penyortiran dan pelipatannya.

Dikatakannya, untuk penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Bukittinggi mengerahkan 20 tenaga sortir dari Internal KPU Bukittinggi dan penyortiran serta pelipatan surat suara itu akan selesai pada Jumat (27/11). “Apabila ditemukan surat suara itu kurang, maka kita langsung menghubungi pihak penyedia untuk dipenuhi sesuai data yang disampaikan. Jika berlebih atau rusak akan dimusnahkan paling lambat satu hari menjelang pemungutan suara,” terangnya.

Kemudian untuk kotak suara, menurutnya kotak suara yang dibutuhkan sebanyak 466 atau dua kali lipat dari jumlah TPS di Kota Bukittinggi, yaitu 233 TPS. “Dengan rincian 233 kotak suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dan 233 kotak suara lagi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat. Sedangkan pengadaan kotak suara ini oleh KPU Sumbar. Sementara untuk bilik suara, KPU Bukittinggi memakai bilik suara yang lama,” tukasnya. (eds)

Teks Foto: Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura,Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Har yadi, Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kompol Partahian Pane dan sekretaris KPU, Kasdanil tengah memperhatikan kerta suara Suara yang datang sebelum di sortir dan dilipat…. 

Next Post

Peran FKUB

Kam Nov 26 , 2020
KEBERADAAN lembaga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sudah lama di […]