KPU Padang Beri Pelayanan Khusus bagi Pemilih Disabilitas

PADANG, KP – KPU Kota Padang telah menetapkan Data Pemilih Tetap (DPT) pada Pilgub Sumbar tahun 2020sebanyak 613. 513pemilih. Data pemilih tersebutterdiri dari jumlah pemilih laki-laki 300.287 orang dan pemilih perempuan 313.513 orang.
Sementara itu, pemilih disabilitas sebanyak 1.540. Di antaranya disabilitas fisik 671 orang, disabilitas intelektual 152 orang, disabilitas mental 391 orang, dan disabilitas sensorik 326 orang.
Ketua KPU Padang Riki Eka Putra, Sabtu (28/11), mengatakan pada hari pencoblosan 9 Desember nanti pihaknya akan memberikan pelayanan khusus untuk pemilih disabilitas. Di antaranya dengan menyediakan template Braille bagi pemilih yang tuna netra. Template Braille itu akan memudahkan pemilih tuna netra untuk mencoblos surat suara.
Selain itu, lanjut Riki, pelayanan khusus lainnya adalah dengan menyiaplan petugas pendamping saat pemilih. Pendamping disabilitas itu baik bagi tuna darsa atau yang mengalami lumpu, tuna netra, dan lainnya.

SURAT SUARA MULAI DISORTIR

Di sisi lain, Riki Eka Putra mengatakanKPU Padang sudah menerima logistik dan perlengkapan surat suara, namun belum keseluruhannya. Langkah selanjutnya, KPU Padang akan mensortir dan menghitung ulang surat suara tersebut.
“Penyortiran dan penghitungan surat suara dilakukan mulai Sabtu (28/11),” katanya.
Menurutnya, sesuai jadwal semua logistik dan perlengkapan surat suara akan sampai di KPU Kota Padang dalam seminggu ke depan. Perlengkapan surat suara akan disortir dan dihitung pada dua lokasi, yakni kantor KPU Padang dan kantor pos dengan memberdayakan masyarakat setempat.
“Penyortiran dan penghitungan surat suara tetap mematuhiprotokol kesehatan saat covid-19, ” ucapnya. (ip)

Next Post

DIGELAR SECARA OFFLINE DAN ONLINE, 280 Lulusan SMK-SMAKPADiwisuda

Ming Nov 29 , 2020
PADANG, KP – SMK SMAK Padang (SMAKPA) kembali mewisuda dan […]