KPU Padang Sosialisasi Pilkada Serentak kepada KPI

PADANG, KP – Jelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang terus menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.Kali ini sosialisasi menyasar kaum perempuan yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Padang, Senin lalu (9/21).

Komisioner KPU Kota Padang Atika Triana mengajak KIP berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada serentak di Sumbar.“Sosialisasi ini mengambil tema Peran Perempuan Dalam Sukseskan Pilgub Sumbar Tahun 2020. Kegiatannya kita laksanakan dalam bentuk diskusi santai,” ujar Atika.

Pada kesempatan itu, Atika menyampaikan pentingnya partisipasi perempuan dalam pemilihan.Pasalnya perempuan memiliki peran dan kapasitas yang sama dengan kaum laki-laki dalam hal memilih pemimpin dan dipilih sebagai pemimpin.

Dia menjelaskan, sosialisasi itu sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.“Kita berharap, KIP bisa mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dan menjadi pemilih cerdas,” harapnya.

Selain dari internal, KPU Padang juga menghadirkan narasumber dari UNP dan Koalisi Perempuan Indonesia dalam sosialisasi tersebut.

KPU PASTIKAN PILKADA DILAKSANAKAN DENGAN PROKES KETAT

KPUKota Padang memastikan seluruh tahapan penyelenggaran Pilgub 2020 menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang ketat.“Seluruh proses tahapan Pilgub selalu memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Komisioner KPU Kota Padang Atika Triana.

Menurutnya, KPU telah menyiapkan tata cara pencoblosan pada saat pilkada nanti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.Seperti petugas TPS memastikan tidak ada penumpukan pemilih di TPS. Kemudian petugas TPS, pengawas, dan saksi memakai masker, pelindung wajah, memakai sarung tangan. Lalu melakukan disinfektan TPS, cek suhu tubuh, dan menyediakan tempat cuci tangan.

“Saat pencoblosan nanti kita menggunakan tinta tetes atau semprotdan paku yang digunakan untuk mencoblos akan disemprot secara berkala,” tutur Atika.

Ia menyebutPilkada 2020 ini akan menjadi pemilu yang sangat pentingkarena diselenggarakan di tengah situasi pandemi.Makanya, penerapan protokol kesehatan ketat harus dilakukan untuk mencegah timbulnya klaster penularan covid-19 pada pilkada. (ip)

Next Post

Melalui Momentum Hari Pahlawan, Pemko Padang Bertekad Tuntaskan Penanganan Covid-19

Sel Nov 10 , 2020
PADANG, KP – Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan di tahun […]