Laga Sulit di Ukraina

KIEV, KP – Dynamo Kiev pada 5 November lalu berhasil mencetak satu gol di markas Barcelona pada matchday ketiga Liga Champions. Padahal tim Ukraina itu tidak diperkuat 13 pemain utama yang tumbang karena sakit. Bayangkanlah ketika sebagian besar dari mereka kembali bermain untuk laga keempat Grup G, Rabu diniahri WIB nanti (25/11) di markas mereka sendiri, NSC Olympiyskiy.

Pemimpin klasemen Liga Utama Ukraina itu kalah 1-2 dalam leg pertama di kandang Barcelona dan akan memanfaatkan laga di kandang sendiri pada laga kali ini untuk membalaskan dendam dan meraih tiga poinguna menjaga harapan lolos ke babak 16 besar.

Itu bukan tugas yang mudah mengingat Barca tampil meyakinkan dalam tiga laga penyisihan grup dengan tiga kemenangan, termasuk 0-2 di kandang Juventus dan menaklukkan juara Hungaria Ferencvaros 5-1.

Satu-satunya kabar gembira bagi Dynamo Kiev adalah menyadari bahwa setidaknya ada empat pemain tim utama Ronald Koeman akan absen, termasuk Gerard Pique yang harus dipapah dua petugas medis saat ditarik keluar saat Blaugrana kalah 0-1 dari Atletico Madrid pada akhir pekan lalu. Kabarnya, bek senior Catalonia itu akan absen selama berbulan-bulan ke depan.

Selain Pique, pemain Barcelona yang bakal absen adalah Ronald Araujo, Ansu Fati dan Sergio Busquets. Mereka cedera dan tidak akan masuk daftar skuat. Demikian juga penghuni meja perawatan sejak lama, Samuel Umtiti. Jadi, pasukan Ronald Koeman turun dengan setengah kekuatan mereka. Sehingga, banyak yang meragukan Barcelona akan mampu meraih tiga poin di Ukraina.

Namun, satu hal yang pasti, kemenangan pada laga ini akan memastikan Barca lolos ke babak 16 besar Liga Champions dan tentu saja itu menjadi target Koeman setelah pasukannya tampil buruk di Liga Spanyol musim ini. Mereka mencatatkan hanya 11 poin dari 24 poin yang seharusnya bisa diraih. Akibatnya, saat ini Barca menduduki ranking 12 klasemen sementara.

Jika tren seperti ini berlanjut sampai ke akhir musim, yaitu membuang setengah dari total poin yang bisa direbut, maka mereka tidak akan lolos ke Champions League musim depan. Satu-satunya peluang lolos ke kompetisi elit Eropa itu adalah dengan mengukuhkan diri menjadi juara pada musim ini.

Di masa lalu prestasi raksasa LaLiga di Eropa terlihat menjanjikan. Mereka belum pernah kalah sejak musim 2016/2017, memenangkan 17 laga, dan imbang enam kali dari 23 laga termutakhirnya. Juara Liga Champions lima kali itu juga selalu berhasil mencapai babak perempat final dalam 13 musim terakhirnya di kompetisi ini sehingga kemungkinan besar mereka akan berhasil lolos, setelah memenangkan tiga laga perdananya.

Namun daftar cedera dan sakit yang diderita skuad Lionel Messi itu akan berdampak sangat besar dalam kemampuan bertahan dan menguasai permainan di lapangan tengah, belum lagi menyebut soal menyuplai bola ke depan.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Penampilan Dynamo Kiev di Camp Nou pada 5 November lalu terasa mengesankan karena mereka turun dengan sebagian besar pemain junior yang haus perhatian dan berhasil melepaskan tujuh tembakan on target, dengan satu berujung gol. Susunan pemain berbeda akan tampil untuk laga hari Rabu 25 November besok.

Dengan kelemahan di posisi bek tengah dan kekurangan pengalaman di lapangan tengah maka Lionel Messi mungkin akan mundur sedikit lebih ke belakang untuk membantu mengalirkan bola ke depan, meninggalkan tanggung jawab mencetak gol pada Antoine Griezmann, Philippe Coutinho dan Pedri.

Dengan begitu Dynamo Kiev memiliki peluang untuk menghasilkan lebih dari satu gol ke gawang Marc-Andre ter Stegen, yang akan kurang percaya diri untuk maju ke depan setelah blundernya menjadi penyebab kekalahan Barca 1-0 di kandang Atletico Madrid, pada akhir pekan. Diprediksi pertandingan Dynamo Kiev vs Barcelona akan usai dengan skor akhir 2-2. Kepastian Blaugrana lolos 16 besar akan tertunda sampai ke matchday kelima.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Dynamo (4-2-3-1): Bushchan; Kedziora, Zabarnyi, Mykolenko, Karavaev; Shepelev, Harmash; Shaparenko, Buyalskyi, De Pena; Supriaha.

Barcelona (4-2-3-1): Ter Stegen; Dest, Lenglet, de Jong, Alba; Pjanic, Riqui Puig; Dembele, Coutinho, Trincao; Messi. (ak/*)

Next Post

Sibinuang Tabrak Brio, Satu Keluarga Dilarikan ke Rumah Sakit

Sen Nov 23 , 2020
PARIAMAN, KP – Kereta api wisata ‘Sibinuang’ kembali terlibat kecelakaan […]