Lapangan Olahraga Terbuka di Padang Kadudak, Rumput Futsalnya Berstandar FIFA

PAYAKUMBUH, KP – Setiap mata siapa saja yang lewat di kawasan Pasar Padang kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara akan terkesima melihat salah satu lapangan olahraga terbuka megah yang bakal selesai dibangun, hanya menunggu hitungan hari.

Usai panen jagung bersama di kawasan Pasar Padang Kaduduak, Selasa (3/11). Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Anggota DPRD Mustafa, Sekda Rida Ananda, Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Kadis PUPR Muslim, Camat Desfitawarni, serta Kabid Pemuda dan Olahraga Delni, meninjau sarana lapangan olahraga terbuka yang menelan biaya sebesar Rp  4.593.594.000 berasal dari dana APBD Payakumbuh 2020 di atas tanah seluas 1,5 hektare itu.

Ada lapangan futsal dengan rumput sintetis berstandar FIFA, ada lapangan Voli dan Basket yang berstandar SNI. Ditambah sarana batu refleksi, fitnes outdoor dan jogging trek dengan beberapa spot yang dapat memanjakan para pecinta foto selfie. Rencananya, Lapangan Olahraga Terbuka itu akan diresmikan dalam memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) emas Kota Payakumbuh ke-50 tahun Desember mendatang.

Wako Riza yang sangat hobi berolahraga itu ingin membangun lapangan untuk memberikan fasilitas olahraga yang cantik dan nyaman bagi warganya. Bahkan bila memungkinkan, ia ingin agar setiap kecamatan memiliki lapangan olahraga terbuka seperti itu, sedangkan untuk olahraga di malam hari diberikan penerangan yang cukup. “Kita ingin kecamatan lain juga memiliki lapangan olahraga terbuka. Kalau warga mau, ini tergantung dari bagaimana ketersediaan lahan dan alokasi anggaran Pemko nanti,” sebutnya.

Wako Riza menerangkan, keberadaan lapangan olahraga terbuka itu dapat memberikan ‘multiplier effect’ bagi daerah maupun masyarakat. Akan ada aktifitas orang datang ke sana untuk berolahraga dan secara langsung dampaknya terjadi peningkatan perekonomian bagi warga sekitar.

“Mudah-mudahan ke depan, prestasi olahraga Payakumbuh kian mengkilap seiring pertambahan sarana dan prasarana olahraga seperti ini. Insya Allah, dari Payakumbuh akan lahir atlet nasional yang mampu mendulang emas. Semua pihak harus menjaga aset bersama ini agar jangan dirusak tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu Kabid Pemuda dan Olahraga, Delni yang mendampingi Wako Riza menambahkan, untuk pengelolaan sarana baru itu berada di bawah koordinasi Disparpora melalui UPTD Pariwisatanya. “Karena letak lapangan olahraga terbuka ini berada di dekat kawasan perkantoran dan Pasar Padang Kaduduak, maka nanti perlu dikoordinasikan dengan OPD terkait, camat dan tokoh masyarakat setempat bagaimana pengelolaan dan penjagaan aset kita ini,” terangnya. (dst)

Next Post

Inflasi Sumbar Oktober 2020 Berada di Atas Nasional

Sel Nov 3 , 2020
PADANG, KP – Bank Indonesia mencatat indeks harga konsumen di Sumatra Barat (Sumbar) pada Oktober 2020 mengalami inflasi sebesar 0,36 persen atau berada di atas angka nasional yang hanya 0,07 persen. “Inflasi di Sumbar disumbang oleh kenaikan harga sejumlah komoditas pangan mulai dari cabai merah, cabai hijau, petai, jeruk hingga […]