Limbah B3 Pasien Covid-19 Capai 11.169 Box

PADANG, KP – Pandemi Covid-19 tidak lepas dari ancaman timbulan limbah pasien covid yang masuk kategori limbah B3. Di Kota Padang, untuk pengelolaan limbah B3 infeksius pasien covid dari pasien karantina yang disediakan pemerintah dan karantina mandiri, Pemko Padang bekerjasama PT Semen Padang.

Dimana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penjembutan limbah B3 ke lokasi sumber limbah yang dibawa ke Semen Padang menggunakan box dengan sistem protokol kesehatan dua kaliseminggu untuk di bakar.

“Dari April hingga November 2020, sudah 11.169 box yang di antar DLH ke Semen Padang untuk di bakar. Ini rutin kita lakukan dua kali seminggu,” sebut Kepala DLH Kota Padang, Mairizon dalam desiminasi informasi virtual Diskominfo Padang bersama wartawan di Padang, kemarin.

Dikatakan, karantina yang tengah berjalan hingga sekarang di kelola pemerintah ada 3, Diklat BKPSDM, Rumah Nelayan dan rusunawa serta limbah B3 lokasi – lokasi yg dikelola Universitas Andalas (Unand).

“Pemko Padang berupaya semaksimal mungkin mengatasi segala permasalahan yang ditimbulkan akibat pandemi ini. Untuk lingkungan hidup, pengelolaan limbah B3 kita lakukan dengan cara terbaik, agar dampak yang ditimbulkan tidak melebar kemana-mana. Sebab, sebaik apapun penanganan medisnya, namun pengelolaan limbanya tidak baik maka penyebaran virus corona akan tidak terkendali. Kita berharap kepada masyarakat disiplin dalam mengelola limbah yang dikeluarkannya, seperti masker. Jangan di buang ke TPS, tapi kumpulkan ke petugas DLH untuk dibakar di lokasi yang sudah ditentukan,” pungkasnya. (nda)

Next Post

Disdukcapil Pasbar Gencarkan Program ‘Perawan Desa Sembuh’

Kam Nov 5 , 2020
SIMPANGEMPAT, KP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) optimalkan pelayanan pembuatan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Hal itu dilakukan agar nantinya tidak ada warga Pasbar yang tidak menggunakan hak pilihnya karena belum memiliki KTP, padahal dari […]