Macan Dahan ‘Teror’ Palembayan, Tiga Kambing Jadi Korban

LUBUKBASUNG, KP – Tiga ekor kambing warga Kampuang Koto, Jorong Paraman, Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan, ditemukan mati diduga akibat dimangsa macan dahan. Tiga ekor kambing itu milik Idon (32 tahun) satu ekor dan kambing milik Muhammad Hakim (60 tahun) dua ekor.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam mengungkap berdasarkan luka pada ternak dan kerusakan kandang, disinyalir ketiga kambing itu dimangsa oleh macan dahan. Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra, Rabu (18/11), menyebut pihaknya juga tidak menemukan jejak kaki harimau sumatera di sekitar kandang kambing milik Idon dan Muhammad Hakim itu. Sehingga, tim meyakini hewan ternak tersebut mati karena diserang macan dahan.

“Saat kejadiandaerah ini dilanda hujan pada Senin (16/11)sehingga jejak kaki satwa itu sudah hilangsaat kami melakukan identifikasi di sekitar kandang,” katanya.

Tim BKSDA Resor Agam dengan jumlah empat orang melanjutkan identifikasi lapangan, Rabu (18/11), dengan memperluas lokasi identifikasi dalam radius dua kilometer.Tim menelusuri sekitar lokasi tersebut untuk mencari jejak kaki satwa yang memangsa tiga ekor kambing.

“Kambing ini dimangsa satwa liar pada Minggu (15/11) malam. Kambing Idon mati di lokasi kandang tanpa mengalami luka, satu ekor kambing Muhammad Hakim mengalami luka robek pada bagian pinggang dan satu ekor lagi dibawa satwa itu sekitar 100 meter dari kandang,” katanya.

Dengan kondisi itu, Ade mengimbau warga untuk mengandangkan ternak dan berhati-hati saat keluar rumah.

Selama Januari sampai 15 November 2020 sebanyak 11 ternak warga berupa kerbau tiga ekor, sapi satu ekor dan kambing delapan ekor dimangsa satwa liar berupa harimau, beruang madu, dan macan dahan akibat makanan di hutan sudah habis dan habitatnya sudah mulai berkurang. (ant)

Next Post

Baznas Padang Hebat

Rab Nov 18 , 2020
LEMBAGA perzakatan, Baznas Kota Padang memang hebat. Sudah jadi lembaga kepercayaan umat dalam mengelola, mengumpulkan, dan menyalurkan dana zakat pada mereka yang berhak menerimanya. Lebih dari itu, Baznas Padang juga melayani masyarakat yang terkena kemalangan, seperti mengantarkan jenazah warga yang meninggal sesuai permintaan ahli waris. Diberitakan KORAN PADANG terbitan Rabu […]