Maling Itu Pasti ‘Membayar Hutang’

ENTAH kapan negeri ini benar-benar naman, terbebas dari aksi penjahat. Nyatanya, tiap hari, siang maupun malam jajaran kepolisian terus bekerja keras menangkapi pelaku kejahatan. Tak jarang mereka dihadiahi timah panas karena melawan petugas saat ditangkap. Alhasil, kerja polisi bertambah lagi mendorong kursi roda para penjahat yang kakinya dilumpuhkan itu.
Bahkan, KORAN PADANG sudah tak terhitunglagi memunculkan foto penjahat berkursi roda gara-gara dapat hadiah timah panas. Ada yang berpakaian biasaada juga berkaos dengan mereka ‘tahanan’. Tahanan ‘tingkat tinggi’ yang merugikan keuangan negara pakaiannya agak mentereng. Bersih, berwarna oranye. Namun tetap disertai tulisan ‘Tahanan Kejaksaan’ atau ‘Tahanan KPK’.
Baik maling biasaataukoruptor uang negara, mereka sama-sama mengambil yang bukan haknya. Biasanya, si terduga maling kampung atau sejenisnya tak luput dari beragam penderitaan, seperti tertembak, babak belur dikeroyok, dan penderitaan lainnya. Sementara oknum yang ‘melapir’ uang negara gayanya terkadang seperti orang tak bersalah saja. Ada yang tersenyum, melambaikan tangan ke kamera wartawan. Seperti menganggap dirinya tak melakukan kejahatan saja.
Khusus perampok uang negara, rata-rata fisiknya selamat. Belum ada yang tersebut koruptor tewas ditembak. Sulit juga ditemukan koruptor yang ‘terpaksa’ berkursi roda. Namun terduga koruptor yang menghilang sudah sering terdengar seperti Harun Masiku.
Bagaimanapun, perampok uang rakyat dan perampok uang negarakualitasnya sama saja. Sama-sama maling. Khusus pelibas uang rakyat yang berkursi roda karena dapat ‘hadiah’ timah panas dan sudah dimediakan, mungkin pantas foto bersangkutan diperbanyak dan disebarkan oleh Bhabinkamtibmas di lokasi-lokasi strategisagar perbuatan yang sama tak terulang lagi.
Rampok, maling, todong, dan begal jangan terus-terusan terjadi di negeri ini. Disinilah perlunya ‘kabar pertakut’ perlu terus digencarkan agar calon pelaku mengurungkan niat jahatnya. Salah satu caranya berupa menyebarkan foto penjahat yang sudah dibekuk itu. Apakah kita setuju atau tidak? Yang penting aksi kejahatan hendaknya melemah di negeri ini. *

Next Post

Jasad Pria Ditemukan di Batang Guo Kurnaji

Sen Nov 30 , 2020
PADANG, KP – Jasad seorang pria ditemukan mengambang di aliran Sungai Batang Guo, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Senin pagi (30/11) sekitar pukul 08.45 WIB.Informasinya, identitas jenazah bernama Rohim Efendi (28 tahun) yang merupakan warga setempat. Diduga, pria tersebut mengalami keterbelakangan mental. “Informasi dari masyarakat korban mengidap keterbelakangan […]