MARDISON MAHYUDDIN: Jadilah Pahlawan Masa Kini

PARIAMAN, KP – Peringatan Hari Pahlawan digelar di halaman Balaikota Pariaman, Selasa pagi (10/11). Bertindak sebagai inspektur upacara Plt. Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Komandan upacara Ipda R. Rando, Pembaca UUD 1945 Satrya, pembaca Pesan Pahlawan Elget. Sementara, pasukan upacara terdiri dari Pleton Kodim 0308/Pariaman, Pleton Polres Pariaman, Pleton Satpol PP Pariaman, Pleton BPBD Pariaman, Pleton Damkar Pariaman, Pleton Kopri dan Pleton Pramuka.

Pada kesempatan itu, Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI. “Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat setiap 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh seluruh rakyat indonesia. Sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ”Pahlawanku Sepanjang Masa“ Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” ujarnya.

Dikatakannya, jika dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia. “Meskipun dalam masa Pandemi Covid-19, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,” ulasnya.

Ia melanjutkan nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini. Yakin apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

Untuk itu ia mengajak untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain. ia juga mengajak untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu dan bergotong-royongmengisi kemerdekaan dengan membangun negeri. (war)

Next Post

Apel Siaga Bencana, Bupati Irfendi Periksa Kesiapan Personel

Sel Nov 10 , 2020
LIMAPULUH KOTA, KP – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggelar apel siaga bencana di Halaman Kantor Bupati setempat, di Bukik Limau, Sarilamak, Selasa (10/11). Apel tersebut diikuti seluruh unsur terkait, yakni perangkat daerah, TNI-Polri, BPBD, Pemadam Kebakaran, Basarnas, PMI serta relawan bencana. Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, apel siaga bencana tersebut dalam […]