Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

LUBUKBASUNG, KP – Pjs Bupati Agam Benni Warlis, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana. “Beberapa pekan terakhir di Agam terjadi beragam bencana, sehingga ini perlu diwaspadai agar dapat meminimalisir risiko yang ditimbulkan,” ujar Benni Warlis di Lubuk Basung, Selasa (10/11).

Dengan begitu katanya, perlu dilakukan pemetaan pada seluruh wilayah di Agam, sesuai kerawanan bencana alam yang akan timbul. “Kemudian rumuskan dan jalankan kebijakan untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa dan kerugian materil,” sebutnya.

Kepada dinas terkait, Benni meminta agar bersiaga penuh. Pastikan seluruh operator siap action dan alat berat dalam kondisi prima, serta ketersediaan bahan bakarnya. “Begitu juga dengan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melaksanakan tindakan preventif, serta menggiatkan gotong royong pembersihan lingkungan,” ajaknya.

Kemudian lanjutnya, hindari membuang sampah ke saluran air dan tidak berteduh di bawah pohon besar.

Terkait pohon kata dia, Dinas Lingkungan Hidup diminta melanjutkan dan menyegerakan pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang. Dengan prioritas pohon yang berada di lokasi fasilitas umum. Di sisi lain, bencana yang sering terjadi adalah kebarakan akibat kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat, terutama pemasangan instalasi listrik yang tidak standar, pembakaran sampah tidak diawasi dan kelalaian menggunakan kompor.

“Tidak kalah pentingnya, diharapkan masyarakat agar tidak membuat tanggul jalan yang tinggi, karena akan menghambat laju kendaraan pemadam sewaktu menanggulangi kebakaran,” pungkasnya. (rzk)

Next Post

Peringatan Hari Pahlawan Ke-75 di Agam Dilakukan Sesuai Protokol Kesehatan

Sel Nov 10 , 2020
LUBUKBASUNG, KP – Peringatan Hari Pahlawan ke-75 di Kabupaten Agam, […]